oleh

Benarkah Bayi yang Lahir Mei Tergolong Paling Sehat?

Kabar6-Percayakan Anda bahwa kesehatan seseorang dapat ditebak berdasarkan bulan kelahirannya? Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nicholas Tatonetti, PhD dan ahli lain dari Columbia University Medical Center (CUMC) mengungkapkan, bulan kelahiran dapat memberitahu seseorang mengenai penyakit yang mungkin dimilikinya terkait faktor lingkungan.

Pada musim atau bulan tertentu, faktor lingkungan seperti polusi udara, asap rokok, dan lainnya dapat memengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan. Seperti dilansir Okezone, bayi yang lahir saat musim panas lebih mungkin untuk mengembangkan asma. Sedangkan bayi yang lahir sepanjang musim dingin memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena flu.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Informatics Association ini menuliskan, bayi yang lahir antara Februari hingga Juli cenderung tidak mengalami penyakit tertentu. Sementara bayi yang lahir antara September hingga November memiliki risiko tertinggi.

Sedangkan bayi paling sehat adalah mereka yang lahir pada bulan Mei. Sementara bayi yang lahir pada Oktober diklaim menjadi bayi paling tidak sehat.

Peneliti mendapatkan hasil tersebut setelah menganalisis 1.688 penyakit dan merujuk silang dengan catatan kelahiran serta riwayat medis dari 1,7 juta pasien. Kemudian peneliti mengembangkan metode komputasi sendiri untuk menilai data dan mencapai kesimpulan. Hasilnya, ditemukan fakta bahwa sebanyak 55 penyakit memiliki korelasi kuat dengan bulan kelahiran seseorang.

“Data ini dapat membantu ilmuwan menemukan faktor risiko penyakit baru. Salah satu penemuan terpenting adalah adanya sembilan jenis penyakit jantung yang berhubungan dengan kelahiran,” urai Nicholas yang juga asisten profesor informatika biomedis di CUMC.

Bayi yang lahir padaMaret kemungkinan besar menderita gagal jantung kongestif, fibrilasi arteri (AFib), dan kondisi kardiovaskular serius lainnya. Untuk penyakit ADHD sebanyak satu dari 675 kasus dipengaruhi oleh bulan kelahiran.

Bayi yang lahir pada November memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit tersebut. Beberapa ahli kesehatan mengaitkannya terhadap akses vitamin D, mengingat di bulan tersebut tengah memasuki musim dingin sehingga pancaran sinar matahari berkurang. ** Baca juga: Yes! Bau Badan Pria Bantu Redakan Stres Pasangannya

Pada bulan apa Anda lahir? (ilj/bbs)

Berita Terbaru