oleh

Belum Lama Groundbreaking, Rusunami Rawabuntu Resahkan Warga Cicentang

Kabar6-Belum lama groundbreaking di resmikan oleh tiga menteri Kabinet Kerja, yakni Menteri BUMN Rini Soewarno, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimulyono serta Menteri Perhubungan Karya Sumadi, Rusunami Rawabuntu sudah membuat resah masyarakat sekitar.

Pasalnya, semenjak dilaksanakannya pekerjaan rusunami oleh PT Pakubumi Semesta, belasan rumah di RT 005 Kampung Cicentang Rawabuntu kerap dilanda genangan air. Karena lumpur dengan bau tak sedap dari proyek mengalir ke lingkungan warga. Selain itu, genangan lumpur itu meresap ke sumur warga yang menyebabkan air sumur tak lagi dapat digunakan untuk mandi dan konsumsi sehari-hari.

Perwakilan warga yang juga mantan Ketua RT 05, Ayana menuturkan, sejak jaman dulu kawasan tersebut jauh dari banjir. Dan air sumurnya juga layak untuk mandi dan konsumsi sehari-hari. Tetapi, semenjak proyek rusunami berjalan, sumur warga tak lagi dapat digunakan untuk mandi, apalagi konsumsi sehari-hari.

“Dulu mah daerah sini gak pernah banjir, sekalinya hujan ada genangan air cepet surut lagi karna saluran airnya lancar. Tapi sekarang, genangan air ora surut-surut dan sumur juga tak layak untuk konsumsi harian,” jelas Ayana kepada Kabar6.com, Senin (4/2/2019).

Disamping itu, Ayana menambahkan, hal lain disebabkan karena posisi tanah pelaksanaan proyek lebih tinggi dari pada tanah warga.

Sehingga, lumpur pengeboran dan disaat hujan turun sebentar langsung mengalir ke wilayah Kampung Cicentang yang menyebabkan banjir setinggi lutut orang dewasa.

Pihaknya berharap agar pelaksana proyek segera memberikan solusi terkait permasalahan yang meresahkan masyarakat Kampung Cicentang ini.

**Baca juga: Puluhan Pasien DBD Dirawat di RSUD Balaraja.

Sementara, HSE PT Pakubumi Semesta, Juned memaparkan, pihaknya akan mengupayakan saluran air atau sumur sementara.

“Untuk antisipasi banjir, kita akan lakukan penyedotan air agar cepat surut airnya,” kata HSE PT Pakubumi Semesta. (aji)

Berita Terbaru