oleh

Beli TV Oke, Bikin WC Ogah

Kabar6-Survei yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang bekerjasama dengan International Urban Water and Sanitation Health (IUWASH) dari Amerika Serikat mengungkapkan, warga Kabupaten Tangerang lebih memilih membeli televisi (TV) ketimbang membangun fasilitas jamban di rumahnya.

“Jadi ada sekitar 80 persen warga memiliki televisi dari pada jamban di rumahnya,” kata Naniek Isnaini, Kepala Dinkes Kabupaten Tangerang, Selasa (27/8/2013).

Disebutkan, survei dilakukan terhadap 5.000 Kepala keluarga (KK) secara acak di delapan kecamatan di 25 desa Kabupaten Tangerang, khususnya warga yang berada di wilayah banjir, miskin, padat penduduk, dan daerah aliran sungai.

Hasil survei menunjukkan, sebagian besar rumah responden memiliki televisi, namun tidak memiliki toilet. “Sebanyak 57 persen responden memiliki jamban keluarga, MCK hanya 9 persen, sisanya tidak memiliki jamban tapi hampir semuanya memiliki televisi,” ujar Naniek.

Studi kesehatan tersebut juga menemukan, banyak warga memiliki jamban tapi tidak sehat, artinya kotoran langsung dibuang ke sungai. Juga, masih banyak warga yang buang hajat di kebun dan kebiasaan para ibu yang membuang popok bayi sembarangan.

Contoh kasus warga di Kampung Kelor, RT 01, Kecamatan Sepatan Timur. Disebutkan, untuk urusan buang hajat, masyarakat setempat lebih memilih di kebon atau sungai ketimbang menggunakan fasilitas MCK (Mandi, Cuci, Kakus) yang dibangun pemerintah.(tco/yps)

Berita Terbaru