oleh

Belajar Daring, Pelajar di Lebak Nebeng Wifi

Kabar6-Jaringan internet kini menjadi salah satu yang dibutuhkan para pelajar di tengah kebijakan pemerintah untul belajar secara daring pada masa pandemi Covid-19.

Sayangnya, meski memiliki kuota internet, tidak sedikit pelajar yang kesulitan mendapatkan jaringan yang stabil agar proses belajar berjalan dengan lancar.

Tak sedikit pelajar di Kabupaten Lebk yang harus berjuang mencari lokasi meski jauh dari rumah untuk mendapat jaringan internet yang stabil.

Salah satunya seperti sejumlah pelajar SMA/SMK dan SMP yang berada di Sekretariat Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Lebak, di Jalan Abdi Negara No.1 Rangkasbitung, Jum’at (24/7/2020).

Mereka memanfaatkan jaringan wifi secara gratis di sekretariat pokja untuk belajar daring.

“Alhamdulillah kakak-kakak wartawan ngizinin kami belajar di sini. Selain internetnya stabil juga kami enggak perlu pakai kuota yang ada, jadi ngebantu sekali,” kata Neng Dini Sri Anggraeni, pelajar SMK PGRI Rangkasbitung.

Ketua Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Lebak Mastur Huda, mengatakan, akses jaringan wifi Pokja dibuka bagi pelajar yang akan mengerjakan tugas-tugas sekolah selama pandemi.

“Kami prihatin terutama mereka pelajar yang tidak kesulitan memenuhi kuota internet atau kesulitan mendapat jaringan yang stabil untuk belajar daring. Jadi kami persilahkan mereka belajar di sini,” kata Mastur.

**Baca juga: Curi Mobil, 2 Remaja di Lebak Ditangkap, 1 Diburu.

Menurut Mastur, kondisi banyak pelajar yang kesulitan mendapat titik jaringan internet yang baik dan pelajar tidak mampu yang bebannya bertambah karena harus membeli kuota data harus menjadi perhatian pemerintah pusat dan daerah.

“Kalau ini dibiarkan terus-menerus tanpa ada intervensi, mereka kehilangan hak mendapat pendidikan yang berkualitas karena kesulitan menyerap mata pelajaran akibat dari kondisi keterbatasan tersebut. Saya harap ini jadi perhatian bersama,” pinta Mastur.(Nda)