oleh

Begini Tanda Anda Berlebihan Konsumsi Garam

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Garam memiliki kandungan utama iodium untuk mencegah berbagai penyakit seperti gondok. Selain itu, garam juga mengandung natrium, magnesium, seng, dan mineral-mineral lainnya. Garam sangat bagus untuk pencegahan penyakit gondok terutama untuk anak-anak di bawah umur.

Dalam olahan masakan, garam memegang peranan terpenting dalam kunci cita rasa masakan. Hampir semua masakan menggunakan garam sebagai penguat rasa dan pemberi rasa asin serta gurih.

Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, garam bisa memicu tekanan darah tinggi dan berbagai penyakit degeneratif seperti jantung dan stroke.

Kepala Gizi dan Penelitian Kesehatan MRC, Cambridge, London, Dr Susan Jebb, mengatakan bahwa angka kecukupan garam yang direkomendasikan untuk orang dewasa per harinya tak lebih dari 6 gram atau setara satu sendok teh.

Sayangnya, banyak yang tidak menyadari kalau konsumsi garam mereka jauh lebih banyak dari itu.

“Orang mudah mengonsumsi mineral ini secara berlebihan. Orang cenderung mengonsumsi garam lebih dari yang mereka sadari karena garam ada di setiap makanan kalengan atau kemasan, digunakan di semua makanan restoran, di makanan cepat saji, dan sering kali di minuman kemasan,” terang Brigitte Zeitlin, M.P.H., R.D., C.D.N., pendiri BZ Nutrition di New York, seperti dikutip dari Self.

Nah, apa saja tanda Anda berlebihan konsumsi garam? Dikutip dari Wolipop, berikut uraiannya:
1. Tubuh bengkak
Jika mendapati atau merasa tubuh dan wajah bengkak dalam semalam, kemungkinan besar karena Anda mengonsumsi garam berlebihan. Pakar diet Bonnie Taub-Dix, R.D.N., mengatakan bahwa garam bersifat seperti magnet yang menarik air, membuat tubuh menumpuk banyak cairan.

Akibatnya, tubuh menjadi bengkak dan perut terasa kembung. Bonnie menyarankan untuk memperbanyak minum air agar membantu mengeluarkan kelebihan sodium di dalam sistem pencernaan Anda melalui urine.

2. Mulut kering
Meskipun Anda sudah minum cukup banyak air setiap hari, tapi jika garam yang Anda konsumsi juga banyak efeknya akan membuat mulut kering dan selalu merasa haus.

“Tubuh Anda diciptakan untuk bisa mengatur asupan sodium yang masuk dengan cairan, jadi terlalu banyak makan garam akan membuat tubuh membutuhkan lebih banyak air untuk mengeluarkan garam,” jelas Brigitte.

3. Semua makanan terasa hambar
“Jika Anda terlalu banyak memakai garam, lidah akan terbiasa dengan rasa asin dan Anda jadi tidak bisa merasakan indahnya makanan yang dimakan,” kata Bonnie.

Ketika lidah sudah terbiasa dengan garam yang banyak, maka Anda jadi menganggap semua makanan tidak lagi terasa asin jika tidak diberikan tambahan garam.

Disarankan agar Anda mulai mengurangi asupan garam secara perlahan dan bertahap. Termasuk juga mengganti garam dengan bumbu lain untuk melezatkan masakan seperti bubuk paprika, bawang putih, bawang merah bahkan memakai lemon. ** Baca juga: Ladies, Sebisa Mungkin Hindari Makanan Ini Ya

Mulai sekarang kurangi konsumsi garam agar terhindar dari hal-hal yang merugikan kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru