oleh

Begini Prosesi Upacara Peringatan HUT RI-75 di Kota Tangerang Selatan

Kabar6-Prosesi upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-75 di Balai Kota Pemerintahan Tangerang Selatan berlangsung hikmat, Senin 17 Agustus 2020.

Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany mengatakan, momen peringatan proklamasi yang sangat penting ini menjadi pengingat bahwa orang Indonesia selalu memiliki tekad, semangat dan komitmen yang sama

“Momen proklamasi kemerdekaan merupakan sebuah titik penanda dimana bangsa Indonesia menyatakan dirinya sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang berdaulat dan bangsa yang memegang kendali penuh untuk menentukan nasib nya sendiri,” ujarnya saat sambutan di Balai Kota Tangsel, Senin (17/8/2020).

Prosesi pengibaran bendera ini diawali dengan Komandan Upacara Kapten Infantri Dahlan memasuki lapangan upacara dan diiringi musik belakang oleh para ASN yang membawa alat musik.

Kemudian, Inspektur Upacara yaitu Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany menaiki mimbar upacara, yang dilanjutkan dengan laporan dimulainya upacara oleh komandan upacara.

Selanjutnya, para pengibar bendera yaitu Niko Mangrika Tri Wahyuni dari SMAN 3 Tangsel sebagai pemegang bendera pusaka, lalu M Gilang Arauf Adi dari SMAN 6 Tangsel dan Arkan Ezra Fariz SMAN 12 Tangsel sebagai sang pengibar bendera.

Para pasukan pengibar ini mengenakan pakaian atas putih, bawah putih dan mengenakan topi hitam. Pengibaran bendera diiringi lagu Indonesia Raya, semua peserta upacara terlihat hormat dan menikmati proses upacara berlangsung.

Selanjutnya, setelah pengibaran bendera dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila yang dibacakan oleh Komandan Kodim 0506 Tangerang Kolonel Infantri Bambang Hary T, dan dilanjutkan dengan pembacaan  pembukaan Undang-undang 1945 oleh Kapolres Tangsel, AKBP Iman Setiawan.

**Baca juga: 18 Adegan dalam Reka Ulang Penembakan Misterius di Tangerang.

Prosesi upacara dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi, lalu sirine dibunyikan selama 60 detik sebagai penanda proklamasi telah dibacakan.

Upacara dilanjutkan dengan amanat Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany dan diakhiri dengan pembacaan doa yang dibacakan oleh Kepala Kantor Kemenag Tangsel Abdul Rojak.(eka)

Berita Terbaru