oleh

Begini Persiapan dan Jadwal UN SMP di Tangsel

Sekdis Dikbud Tangsel, Taryono, paling kiri.(yud)

Kabar6-Pelaksanaan kegiatan Ujian Nasional (UN) serentak untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), dipastikan akan diselenggarakan di 177 lokasi.

Kegiatan tahunan sekolah itu dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 2 hingga 8 Mei 2017 mendatang.

Data yang diterima kabar6.com‎, total jumlah siswa-siswi yang akan ikut UN di Kota Tangsel ada sebanyak 17.721 orang. Rinciannya, peserta dari SMP negeri mencapai 6.839 orang dan SMP swasta 10.822 orang.

“Tahapan persiapan sudah kami lakukan,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, Taryono dihubungi kabar6.com, Minggu (5/3/2017).

Menurutnya, diantaranya‎ pendataan kesiapan infrastruktur di setiap sekolah telah berjalan. Termasuk‎ sosialisasi dan pembekalan bagi calon proktor (admin) dan teknisi.

Taryono bilang, juga‎ telah dilaksanakan ujicoba Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di 94 sekolah. Semua berjalan lancar, tidak ada kendala baik infrastruktur, jaringan, maupun sumber daya manusia.

‎Adapun persiapan pelatihan soal ujian (ujicoba materi) UNBK sudah dilaksanakan tanggal 28 Februari kemarin. “Ujicoba atau simulasi berikutnya  akan dilaksanakan pada tanggal 20 dan 21 Maret 2017,” terangnya.

Taryono memaparkan, ‎sesuai jadwal kegiatan UN pada 2 Mei, mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kemudian 3 Mei mata pelajaran Matematika. Dilanjutkan pada 4 Mei mata pelajaran Bahasa Inggris, serta 8 Mei mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Dari total 177 sekolah yang menyelenggarakan ujian nasional, 94 diantaranya menggelar UNBK. Sementara sisanya 83 Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) atau manual.**Baca juga: Kemenkeu Saudi akan Terbitkan Cek untuk Korban Crane.

Ada 164 sekolah menyelenggarakan ujian nasional secara mandiri, menggabung 13 sekolah, UNBK di sekolah sendiri ada 78, UNBK menumpang di sekolah lain sebanyak 16 sekolah.(yud)

Berita Terbaru