oleh

Begini Lho Gerakan Tangan yang Bantu Singkirkan ‘Niat Ngemil’

Kabar6-Keinginan mengemil kadang muncul tanpa bisa dikendalikan. Hal ini tentu saja akan membuat berat badan melambung dan sulit dikontrol. Terlebih Anda gemar mengonsumsi camilan yang tinggi kalori. Bagaimana solusinya? Berdasarkan sebuah penelitian baru, menepuk-nepukkan jari tangan Anda pada dahi selama 30 detik dapat menghilangkan keinginan seseorang untuk mengemil.

Gerakan tersebut, dilansir Menshealth, berhasil meredam keinginan mengemil seseorang bukan hanya karena mampu mengalihkan perhatian orang tersebut. Dikatakan para peneliti, mereka telah meminta para peserta penelitian yang mengalami obesitas untuk melakukan gerakan tersebut pada telinga, atau menepuk-nepukkan kaki pada lantai, dan bahkan menatap kosong ke arah dinding.

Hasilnya, menepuk-nepukkan jari tangan pada dahi merupakan cara paling efektif untuk meredam keinginan mengemil pada para peserta penelitian tersebut. Hal ini karena saat Anda ingin mengonsumsi suatu makanan tertentu, gambaran makanan tersebut akan masuk ke dalam korteks visual otak seseorang, yang membuat keinginan makan tersebut sangat sulit dihilangkan.

Namun bila mata seseorang difokuskan pada sesuatu hal, misalnya dengan mengikuti pergerakkan jari tangan saat melakukan gerakan tersebut, maka Anda pun akan memicu bagian otak yang sama. Hal ini akan membuat perhatian Anda teralihkan dan membuat proses ‘ngidam’ seseorang menjadi terganggu.

Meskipun dalam penelitian ini para peneliti hanya melakukan pengamatan pada orang yang mengalami obesitas, dikatakan bahwa efek ini juga dapat terjadi pada orang yang memiliki berat badan normal.

Jika Anda sedang berusaha untuk menghilangkan keinginan mengemil, tetapi tidak dapat melakukan gerakan di atas karena banyak orang di sekitar, Anda dapat mengalihkan perhatian dengan melakukan hal lain yang membuat mata sibuk. ** Baca juga: Jauh Lebih Sehat dengan Konsumsi Makanan Rendah Karbohidrat

Mudah bukan? Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru