oleh

Begini Kunci Payudara Sehat

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Memiliki payudara sehat adalah impian setiap wanita. Tidak hanya terlihat indah, payudara sehat pun mampu meningkatkan rasa percaya diri seorang wanita.

Pada dasarnya Anda dapat mendeteksi dini jika terjadi perubahan pada payudara. Salah satu kondisi yang paling ditakuti wanita adalah kanker payudara.

Payudara sehat, dikutip dari alodokter, adalah payudara yang tidak mengeluarkan cairan (selain ASI), tidak terdapat bintil-bintil merah (ruam) atau bercak kemerahan (rash), kulit sekitar puting tidak kering, menebal, atau pecah-pecah, tidak ada benjolan di sekitar payudara maupun di ketiak, dan tidak terasa hangat atau gatal

Nah, bagaimana cara menjaga untuk mendapatkan payudara sehat?

1. Berhenti merokok
Tidak hanya menyebabkan kanker paru-paru, kandungan dalam rokok juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Mereka yang telah merokok antara 15 hingga 35 tahun memiliki risiko lebih besar mendapatkan kanker payudara, dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.
   
2. Hindari minuman beralkohol
Mengonsumsi sekitar dua gelas minuman beralkohol setiap harinya akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara.
   
3. Biasakan mengonsumsi makanan sehat
Makanan yang baik dikonsumsi antara lain jamur, polong-polongan, kacang-kacangan, dan sayuran. Konsumsi sekitar 10 gram jamur kancing atau lebih setiap harinya dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Polong-polongan dan kacang-kacangan mengandung pitosterol yang dapat membantu dalam menurunkan risiko kanker. Mengonsumsi polong-polongan sebanyak dua kali dalam seminggu juga dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Sedangkan sayur-sayuran yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan payudara adalah brokoli dan kubis, yang yang mengandung glukosinolat, dapat menghambat perkembangan sel kanker. ** Baca juga: Lima Tanda Anda Nyandu Gadget

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru