oleh

Begini Kriteria Warga Urban Ideal Versi Airin

Kabar6-Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany, menegaskan dirinya tak melarang warga urban ingin mengadu nasib ke daerah penyangga ibukota ini.

Meski begitu ia memiliki catatan dan persyarakat penting yang idealnya bisa dipenuhi oleh warga pendatang.

“Sudah seharusnya pendatang baru itu memiliki keahlian. Agar bisa berkarya dan berkarir di kota ini,” kata Airin ditemui usai menghadiri Shalat Ied di Kantor Walikota Tangsel yang terletak di Kecamatan Pamulang, awal pekan ini.

Oleh karena itu, Airin meminta agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat bisa secepatnya melakukan pendataan penduduk. Agar mengetahui pasti, berapa jumlah pendatang di wilayahnya

“Justru kan kalau memiliki keahlian mereka bisa berkarir dan berkarya disini (Tangsel,red). Kalau tidak malah menambah angka pengangguran,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Toto Sudarto, mencatat pada tahun lalu ada 8 ribu penduduk baru yang berdatangan ke Kota Tangsel. Jumlah tersebut terungkap pada operasi kependudukan dan yustisi yang dilaksanakan pascamusim mudik lebaran.

Namun pada tahun ini, Toto memprediksi jumlah pendatang baru akan menurun. “Menurunlah, sebab yang mudik juga sepertinya menurun jika dibandingkan tahun lalu,” katanya. **Baca juga: Pascalebaran, Disdukcapil Bakal Razia Warga Urban.

Mengenai angka pastinya, Toto mengungkapkan data pendatang baru akan terungkap sesudah operasi kependudukan dan yustisi.(yud)

Berita Terbaru