oleh

Begini Keseharian Keluarga Penderita Gizi Buruk dengan Perut Membengkak di Solear

Kabar6-Munawati (45) mengakui putrinya Desi Deviyani yang kini menderita sakit pembengkakan diperut sejak lahir memang tidak  seperti layaknya bayi  pada umumnya.”Dari lahir memang kondisinya kurang sehat, kecil,” ungkap Munawati kepada kabar6.com saat ditemui kediamannya.

Kondisi kesehatan Desi semakin parah karena minimnya asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhnya hingga usianya beranjak 10 tahun. Keterbatasan ekonomi membuat tubuh Desi tumbuh tidak normal dan menderita gizi buruk. Perutnya membengkak dan kian hari semakin membesar.

Wanita yang bekerja di rumah makan ini mengaku pernah membawa Desi ke RS untuk diperiksa. Tapi setelah Desi harus dirujuk ke RS di Jakarta, rencana mengobati Desi diurungkan. Kondisi Desi semakin parah dan memprihatinkan.

Mumun sapaan akrab ibu empat anak ini menuturkan, kondisi ekonomi keluarga yang memprihatikan membuatnya tidak bisa berbuat apa-apa.”Tidak ada uang buat beli makanan dan nutrisi yang cukup buat dia, ya makan seadanya, rumah ini juga dibagusin dapat program beda rumah,” ujar dengan nada lirih.

Kader  posyandu Desa Solear Rokhimah mengatakan, sifat tertutup dan malu untuk bercerita kepada tetangga dan lingkungan membuat hal ini luput dari pantauan pemerintah setempat bahkan kader posyandu

“Orangnya tertutup pak, nggak mau cerita, kita juga nggak tau kalau kondisinya seperti ini, ke posyandu aja saya nggak pernah liat,” ucap Rokhimah.

Emah pemilik warung tempat Munawati bekerja mengatakan, dirinya tiap hari membantu saat jualan makanan di kantin sekolah. Namun semenjak sekolah tutup karena belajar online semenjak itu pula warung makanan tutup dan Munawati tidak bisa bekerja lagi

“Dia sering bantu bantu saya jualan di sekolah, tapi sekarang udah nggak lagi, sekolah tutup gara gara covid19, nggak ada lagi anak sekolah yang beli.”

**Baca juga: Penjelasan Dokter Soal Bocah dengan Perut Membengkak di Solear.

Latif  Habibulloh guru di SDN 1 Solear mengatakan, Desi Deviyani yang duduk di kelas 4 itu terkenal pendiam diantara siswa siswi lainnya.”Desi itu orangnya pendiam, bahkan pada saat proses belajar mengajar pun terlihat diam, mungkin merasa minder terhadap teman temannya yang lain karena kondisi kesehatannya,” kata Latief. (CR)

Berita Terbaru