oleh

Begini Kata BMKG Terkait Gempa 5,6 SR di Pandeglang

Kabar6-Gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR) yang mengguncang Pandeglang, Banten, pada Sabtu (28/11/2015) malam pukul 21.47 WIB, kiranya juga dirasakan hingga Jakarta dan Jawa Barat.

Maksum, Staff Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Serang mengatakan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Untuk wilayah Jakarta, getaran gempa 2 Modified Mercalli Intensity (MMI) dan Bandung 3 MMI.

“Gempa yang terjadi berkekuatan 5,6 SR, lok: 7.32 LS, 105.81 BT, atau 77 KM Tenggara Pandeglang, pd kedalaman 75 Kilo Meter (KM),” ujar Maksum. **Baca juga: Gempa Hebohkan Warga Tangerang.

Maksum mejelaskan, bahwa gempa itu merupakan gempa tektonik, dimana terjadi pertemuan dua lempeng tergeser ke atas dan bawah. Meski demikian, kekuatan gempa terbilang rendah.

“Gempa tersebut tidak terjadi tsunami. Kita belum memastikan apakah akan ada gempa susulan atau tidak. Kita masih melakukan pemantauan atas gempa tersebut, juga melakukan pemantauan di lapangan melalui BPBD setempat,” ujarnya.(fir)

Berita Terbaru