oleh

Begini Cara Simpan 8 Jenis Sayuran yang Benar

Kabar6-Bagi Anda yang gemar memasak sudah pasti rutin berbelanja bahan makanan, termasuk sayuran, dan biasanya dibeli dalam jumlah banyak untuk persediaan selama beberapa hari.

Karena itulah, Anda sebaiknya mengetahui cara menyimpan sayuran yang benar agar tidak cepat membusuk, sehingga tidak perlu ke pasar setiap hari. Melansir beberapa sumber, begini cara menyimpan delapan jenis sayuran dalam kulkas agar dapat bertahan lama:

1. Bawang bombay
Simpan di tempat dengan aliran udara yang baik dan hindari sinar matahari. Karena bawang bombay berair, Anda juga bisa menyimpannya dalam kulkas asalkan di tempat yang gelap. Simpanlah bawang bombay yang sudah dipakai separuh di kulkas dengan membungkus plastic wrap terlebih dulu.

2. Kentang
Bungkus kentang dengan koran atau kantong kertas dan simpan di kulkas. Hindari tempat yang terkena sinar matahari langsung karena akan menyebabkan tunas tumbuh dan racun keluar dari dalam kentang.

3. Wortel
Karena tidak tahan dengan tempat yang lembap, bungkus wortel dengan koran dan simpan dalam kulkas. Potong daun hijau yang masih menempel pada wortel jika masih ada.

4. Sayuran hijau
Simpan sayuran berdaun hijau dalam keadaan berdiri dan dibungkus koran agar kadar kelembaban tetap terjaga. Kalau disimpan di kulkas dalam posisi tidur, kadar kelambaban akan berkurang secara drastis dan menyebabkan sayuran cepat layu dan membusuk.

5. Tomat
Tomat tidak kuat terhadap udara dingin sehingga bisa disimpan pada suhu ruangan. Anda juga bisa membungkusnya dengan plastic wrap dan simpan dalam rak sayuran pada kulkas dengan posisi terbalik agar tidak cepat busuk.

6. Kol
Congkel bagian inti kol dengan pisau, bungkus dengan kitchen paper yang sudah dibasahi agar kol tidak cepat layu. Simpan dalam kulkas dengan kondisi dibungkus kantong plastik.

7. Sawi putih
Jika menyimpan secara utuh, bungkus dengan koran dan simpan di kulkas dalam posisi berdiri. Jika sudah dipotong sebelumnya, buang bagian pangkalnya dan bungkus lagi dengan plastic wrap.

8. Terong
Bungkus terong satu per satu dengan plastic wrap atau bungkus dengan koran dan simpan di dalam tas plastik saat menyimpan di kulkas. Hal yang perlu diperhatikan, terong tidak kuat terhadap udara dingin terlalu lama, jadi sebaiknya segera dikonsumsi. ** Baca juga: Lakukan Cara Aman Belanja Online di Era New Normal Agar Terhindar dari COVID-19

Cara menyimpan yang tepat membuat sayuran tetap segar dan tidak mudah busuk.(ilj/bbs)

Berita Terbaru