oleh

Begini Cara Jaga Keseimbangan Kadar Estrogen pada Wanita

Kabar6-Estrogen adalah sebutan untuk sekelompok hormon yang berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan karakteristik seksual wanita serta proses reproduksi.

Hormon ini sebenarnya tidak hanya diproduksi dalam tubuh wanita, tapi juga terdapat dalam tubuh pria dengan kadar yang jauh lebih rendah. Hanya saja peran hormon estrogen dalam tubuh pria belum diketahui secara pasti.

Saat hormon estrogen meningkat pada seorang wanita, akan terjadi gejala yang tidak diinginkan seperti ketidakteraturan menstruasi, peningkatan berat badan, dan bisa terjadi sakit kepala.

Lantas, bagaimana menjaga keseimbangan kadar estrogen? Melansir Newhealthguide, ini sejumlah cara yang disarankan:

1. Kurangi konsumsi alkohol
Minum terlalu banyak alkohol dapat merusak fungsi hati. Karena estrogen dimetabolisme oleh hati, gagal hati akibat konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan kadar estrogen meningkat.

2. Konsumsi makanan organik
Pestisida dan bahan kimia lain yang digunakan dalam produksi pangan memiliki efek seperti estrogen ketika diserap oleh tubuh. Hindari paparan efek ini dengan konsumsi produk makanan organik dan mengurangi konsumsi daging.

3. Kurangi produk susu
Susu sapi menyumbang hingga 80 persen estrogen yang dikonsumsi dari makanan. Hal ini karena sapi sering diperah ketika tingkat estrogen mereka tertinggi (selama kehamilan). Cobalah konsumsi susu almond atau susu kacang sebagai pengganti susu sapi.

4. Makan serat lebih banyak
Diet kaya serat dapat membantu menurunkan kadar estrogen. Konsumsi lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian. Beberapa pilihan terbaik adalah apel, seledri, buah, oatmeal, kacang-kacangan.

5. Olahraga
Sebuah penelitian menunjukkan, olahraga teratur dapat membantu mengurangi kadar estrogen yang tinggi. Olahraga tidak hanya akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga mengurangi kadar estrogen.

6. Konsumsi makanan yang mengandung sulfur
Makanan yang mengandung sulfur dapat membantu dalam detoksifikasi hati, karena dapat membuang racun seperti pestisida dan obat-obatan yang merusak hati, sehingga meningkatkan efisiensi organ dalam menyaring zat berbahaya dari darah.

Makanan ini termasuk bawang, sayuran hijau, bawang putih, dan kuning telur, limau, lemon, bayam dan sayuran hijau. ** Baca juga: Ilmuwan Bisa Deteksi Tanda Awal Depresi Lewat Cuitan Twitter

Selain keenam hal tadi, kurangi atau hindari sejumlah makanan atau minuman yang mengandun kafein, makanan berlemak tinggi, dan makanan manis dapat meningkatkan kadar estrogen.(ilj/bbs)

Berita Terbaru