Begini Beberapa Fakta Tentang Suasana Hati

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mood atau suasana hati adalah kondisi emosional yang bersifat sementara, bisa beberapa menit sampai beberapa minggu. Mood biasanya memiliki nilai kualitas positif atau negatif. Dengan kata lain, orang hampir selalu membicarakan salah satu dari kualitas mood yaitu mood baik (good mood) atau mood buruk (bad mood).

Nah, tahukah Anda beberapa fakta tentang mood? Dikutip dari beberapa sumber, berikut lima fakta tentang mood:

1. Mood menular
Sebuah studi dari Universitas Warwick mengungkapkan, suasana hati seseorang bisa menular. Studi tersebut menjelaskan bahwa ketika dikelilingi oleh orang-orang yang ceria, Anda akan ikut merasakan hal yang sama.

Sebaliknya, apabila dikelilingi oleh orang-orang yang suasana hatinya buruk, Anda pun akan ikut merasakan perasaan yang buruk tersebut. Studi lain juga menyebutkan bahwa mimik wajah, seperti senyuman dan lainnya dapat memicu reaksi di otak yang membuat otak menafsirkan mimik wajah tersebut sebagai perasaan Anda sendiri.

2. Cuaca pengaruhi mood
Dalam jurnal yang dipublikasikan di Psychological Science diungkapkan, cuaca cerah berkaitan dengan mood yang lebih riang, daya ingat yang lebih baik, dan pikiran yang lebih terbuka. Hal ini karena saat cuaca cerah, seseorang dapat menghabiskan banyak waktu di luar rumah untuk bertemu teman/keluarga dan beraktivitas lainnya.

3. Cokelat perbaiki mood
Cokelat hitam dapat membantu mood menjadi baik, karena mengandung antioksidan dan senyawa pembangkit mood yang relatif lebih tinggi dibandingkan jenis cokelat lainnya. Selain itu, kandungan gula dalam cokelat hitam juga cenderung lebih rendah, sehingga Anda tidak perlu takut gemuk ketika makan cokelat hitam saat lagi bad mood.

4. Musik membuat hati senang.
Studi yang dilakukan di Universitas Missouri membenarkan jika musik bisa memengaruhi mood orang-orang yang mendengarkannya. Bahkan, para peneliti dari Universitas McGill juga menyebutkan bahwa mendengarkan musik dapat memengaruhi mood dengan cara menghasilkan dopamin di otak. Meningkatnya dopamin di otak inilah yang membuat orang akan merasa lebih senang setelah mereka mendengarkan musik yang mereka suka. ** Baca juga: Meskipun Doyan, Ada Batasan Konsumsi Sushi dalam Seminggu

5. Mood dapat diatasi dengan olahraga
Studi yang dilakukan di Universitas Connecticut membuktikan, terlalu lama duduk dan diam bisa membuat suasana hati menjadi jelek. Jadi Anda perlu bergerak untuk olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, dan bersepeda setidaknya 20-30 menit per hari, agar mood jadi baik. ** Baca juga: Europixpro Door, Produk Anak Negeri Berkualitas Dunia

Jaga mood tetap stabil agar aktivitas Anda tidak ikut terganggu.(ilj/bbs)