Begadang Menaikkan Atau Menurunkan Berat Badan?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mungkin Anda pernah mendengar bahwa begadang dapat menurunkan berat badan. Karena itulah banyak yang meyakini, begadang setiap hari mampu menggantikan diet. Benarkah demikian?

Kebanyakan orang, seperti dilansir halosehat, biasanya justru akan mengalami godaan untuk lebih banyak makan saat begadang, sehingga berat badan akan bertambah. Pada sebagian orang, begadang membuat berat badan turun, karena tidak mengonsumsi apa pun. Hal ini pun didukung dengan fakta bahwa begadang pada malam hari tanpa menjaga keseimbangan asupan nutrisi bisa menjadi faktor yang menyebabkan turunnya berat badan. Sayang, berat badan yang turun juga pasti diikuti dengan turunnya sistem daya tahan tubuh sehingga menjadi lebih mudah jatuh sakit.

Ketimbang memilih begadang daripada diet, di mana begadang sendiri juga belum tentu memberikan efek kurus bagi tubuh, Anda perlu memilih kebiasaan yang baik di malam hari agar tak mudah gemuk dan mampu menurunkan berat badan secara aman. Begadang adalah salah satu pola tidur yang tidak baik sehingga kesehatan bisa ikut terkena dampak buruknya secara menyeluruh.

Kurang tidur mampu memperbesar potensi seseorang memiliki tekanan darah tinggi serta risiko penyakit jantung sebagai akibat begadang malam terus menerus. Sistem daya tahan tubuh pun terancam turun, berikut juga proses metabolisme yang kemudian terganggu. Konsentrasi jadi ikut menurun sehingga begadang pada dasarnya hanya merugikan kesehatan dan fungsi tubuh kita.

Jadi, apakah begadang bisa menurunkan berat badan secara efektif? Belum tentu, tergantung dari kondisi masing-masing tubuh orang dan kegiatan apa yang dilakukan selama begadang.
** Baca juga: Lansia yang Tinggal di Pedesaan Tidak Cepat Pikun

Akan jauh lebih baik apabila Anda mulai mencoba melakukan tips diet sehat serta beberapa kebiasaan baik di malam hari tersebut ketimbang sengaja begadang yang hanya merusak kesehatan.(ilj/bbs)