oleh

Beberapa Tanda Depresi yang Sering Diabaikan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Depresi adalah suatu kondisi yang lebih dari suatu keadaan sedih, bila kondisi depresi seseorang sampai menyebabkan terganggunya aktivitas sosial sehari-harinya maka hal itu disebut sebagai suatu gangguan depresi.

Menurut National Institute of Mental Health, dikutip dari bintang.com, tanda-tanda depresi lebih bervariasi seperti sering merasa sedih, tak ada tujuan, dan cepat merasa lelah.

Dilansir dari Glamour, Smitha Murthy, M.D, seorang psikiater dari Seton Mind Institute in Austin, Texas mengatakan bahwa depresi lebih kepada perubahan suasana hati yang cepat, perbedaan pola makan dan tidur.

Tahukah Anda jika ada beberapa tanda depresi yang sering diabaikan? Berikut uraiannya:

1. Temperamen
Depresi lebih pada kemarahan daripada sedih. Jika Anda merasa lebih marah, naik darah, dan cepat merasa tersinggung kemudian menyerang orang lain karena masalah sepele, hal tersebut bisa mengindikasikan rasa depresi.

2. Perubahan pola tidur
Insomnia atau tidur yang justru membuat Anda tidak lebih baik, patut diwaspadai sebagai tanda depresi.

3. Perubahan pola makan
Hal tersebut bisa terjadi dalam dua arah. Anda bisa sama sekali kehilangan nafsu makan dan menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan, Atau terlalu banyak makan dan membuat berat badan naik drastis.

4. Sulit berkonsentrasi
Hal ini sangat umum terjadi pada seseorang yang mengalami depresi. Mereka memiliki masalah saat membuat keputusan yang sepele dan sering melupakan informasi yang tertera jelas.

5. Rasa sakit yang tak bisa dijelaskan
Banyak pasien yang pergi ke dokter dengan keluhan rasa sakit yang tak bisa dijelaskan dari sisi medis. Akhirnya, depresi pun menjadi pangkal dari segalanya. Rasa tersebut biasanya terjadi pada sakit pinggang atas kepala. ** Baca juga: Bagaimana Tanda Anda Kekurangan Vitamin?

Apakah Anda pernah mengalami satu dari kelima hal di atas?(ilj/bbs)

Berita Terbaru