Beberapa Posisi Tidur Bisa Bantu Redakan 6 Penyakit Ini

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs
dbest
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sebuah studi dari Harvard Health mengungkapkan, posisi tidur yang dipilih seseorang, seringkali sudah ‘terpasang’ sejak dini dan sulit untuk diubah. Posisi tidur pun sering disebut sebagai ciri khas seseorang.

Namun tahukah Anda, beberapa posisi tidur ternyata bisa memperbaiki masalah kesehatan atau membantu meredakan enam penyakit berikut? Dikutip dari beberapa sumber, ini dia posisi tidur yang dimaksud:

1. Sakit kepala
Posisi leher memiliki peran utama terhadap bagaimana Anda tidur dan bisa mengubah cara tubuh kita bekerja saat siang hari. Cara paling umum untuk mencegah sakit kepala yang sering muncul adalah tidur dengan tambahan bantal kecil di leher Anda untuk mencegahnya terputar.

2. Nyeri punggung
Nyeri punggung banyak berkaitan dengan kesejajaran leher dan tulang belakang, dan ini bisa berperan penting dalam bagaimana punggung bekerja saat beraktivitas sehari-hari.

Banyak dokter yang menyarankan untuk menaruh bantal di bawah lutut dan handuk di bawah pinggang bisa membantu meluruskan jaringan ini dan bisa memperbaiki masalah punggung kronis ini.

3. Sinusitis
Sinusitis merupakan kondisi di mana jaringan yang melapisi sinus meradang atau membengkak. Jika sinus ini sudah tertutup cairan, bisa memicu infeksi. Biasanya, kita sering tidur langsung di bawah AC atau di hadapannya. Hal ini bisa membuat cairan terhadang dan bisa memicu sakit kepala parah atau flu di pagi harinya.

Cara terbaik mencegah hal ini adalah dengan meninggikan kepala Anda dengan menambah bantal lembut. Cara ini bisa membantu mukus yang terhambat masuk ke sinus dan juga udara dingin dari AC tidak langsung masuk ke hidung dan sinus Anda.

4. Nyeri bahu
Sejumlah ahli percaya bahwa tidur di satu sisi biasanya adalah cara terbaik untuk tertidur, karena posisi ini menjaga tulang belakang Anda tetap memanjang. Nyeri bahu biasanya diakibatkan posisi tidur yang buruk dan ini bisa dicegah dengan tidur pada satu sisi yang tidak sakit.

Posisi ini akan membuat tubuh tersokong. Selain itu letakkan bantal di bawah lutut untuk membuat Anda nyaman. Bantal yang diletakkan di bawah leher tidak boleh terlalu tebal atau tinggi.

5. Tekanan darah tinggi
Sebuah studi yang dilakukan Ehime University School of Medicine pada 2014 mengungkapkan, tidur dengan menghadap bawah bisa berpengaruh besar pada kadar tekanan darah Anda di malam hari. Hal ini karena mereka yang mengalami tekanan darah tinggi bisa mengalami peningkatan begitu bangun tidur di pagi hari, dan tidur tengkurap bisa membantu mencegah hal ini.

6. Nyeri lutut
Ada dua cara untuk mengatasi masalah ini, pertama adalah dengan menempatkan handuk atau bantal di antara lutut jika Anda punya kebiasaan tidur miring. Cara kedua adalah dengan menaruh bantal di bawah lutut jika Anda suka tidur telentang. Cara ini akan membantu menjaga jarak antara sendi di lutut Anda, yang ketika berbenturan bisa menyebabkan nyeri. ** Baca juga: Ingin Bahagia? Tidur yang Cukup

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)