oleh

Beberapa Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Migrain

Kabar6-Mengalami migrain menjadi hal yang menyebalkan, karena dapat mengganggu aktivitas sekaligus menghambat produktivitas. Menurut Gary Kaplan, pendiri dan pakar kesehatan Kaplan Center for Integrative Medicine, yang juga penulis buku Total Recovery, ada beberapa makanan yang perlu dihindari bagi orang dengan masalah migrain. Melansir mindbodygreen, ini dia tiga jenis makanan yang dimaksud:

1. Makanan berbahan dasar tepung
Bisa jadi secara tak sadar tubuh Anda sensitif terhadap gluten atau ada masalah penyakit celiac. Bila memang ini terjadi, asupan gluten sedikit saja bisa memicu respons peradangan pada tubuh. Sensitivitas ini bisa mengakibatkan masalah pada pencernaan dan saraf, termasuk migrain.

2. Daging olahan
Pengawet makanan berupa sodium nitrate dan sodium nitrite-yang kerap ada di bahan daging olahan, meningkatkan level nitric oxide di dalam tubuh. Hal ini berpotensi memicu kemungkinan masalah migren.

3. MSG
Monosodium glutamate (MSG) bisa menyisip di beragam makanan. Selain dibubuhkan pada makanan yang dijual di rumah makan atau jajanan, juga kerap muncul dalam salad dressing, keripik kentang, hingga makanan kalengan.

Mengurangi makanan olahan atau cepat saji (instan) akan menurunkan jumlah asupan MSG. Coba kurangi jajanan dan belanja makanan di luar untuk mengurangi kemungkinan mengasup MSG. Lihat hasilnya, apakah ada perbaikan dalam kondisi migren Anda. ** Baca juga: Bagaimana Risiko Kesehatan Pekerja Malam?

Selain menghindari makanan-makanan di atas, ada beberapa makanan yang justru disarankan, antara lain yang mengandung omega-3, magnesium, asam folat, dan vitamin B.(ilj/bbs)

Berita Terbaru