oleh

Beberapa Jenis Makanan yang Membuat Anda Justru Tambah Lapar

Kabar6-Makan, termasuk ngemil, dilakukan saat Anda merasa lapar. Namun hal yang sering terjadi adalah Anda bukannya menjadi kenyang, tetapi justru semakin lapar.

Jangan langsung menambah porsi makan dulu, karena ternyata beberapa jenis makanan memang membuat Anda menjadi tambah lapar. Melansir beberapa sumber, berikut lima jenis makanan yang ternyata justru membuat Anda tambah lapar:

1. Salad
Siapa sangka, makanan sehat ini justru membuat Anda semakin lapar, bahkan setelah mengonsumsinya. Salad yang dimaksud adalah satu porsi sayuran hijau tanpa adanya tambahan lemak sehat atau protein.

Salad yang baik adalah yang juga mengandung protein nabati sehat seperti quinoa, sedikit karbohidrat dari ubi, lemak sehat dari alpukat dan tentu saja protein nabati seperti daging ayam. Makanan yang seimbang tersebut akan membuat perut Anda merasa kenyang hingga waktu makan berikutnya.

2. Jus
Meskipun tergolong minuman sehat yang kerap dijadikan pengganti makanan, ternyata ada jenis jus yang justru malah membuat Anda semakin lapar, yakni jus instan dan jus yang disaring serta ditambah gula.

Jus yang disaring akan hilang kandungan seratnya sehingga tidak membuat Anda kenyang. Ditambah, gula membuat gula darah cepat naik, namun juga cepat turun sehingga mudah kembali lapar.

3. Putih telur
Putih telur sangat kaya akan protein. Namun jika Anda hanya memakan putih telurnya saja, maka akan merasa cepat lapar. Anda bisa menyiasati dengan juga mengonsumsi kuning telurnya. Hal ini karena keduanya memberikan asupan protein dan lemak yang dibutuhkan untuk tubuh.

4. Camilan asin
Snack gurih biasanya dicari sebagai pengganjal makan bahkan pengganti makan. Hanya saja, snack seperti cracker asin atau gurih hanya akan membuat Anda lebih lapar lagi.

Makanan asin membuat kita merasa haus terus menerus. Nah, kondisi ini kerap disalah artikan sebagai rasa lapar yang membuat Anda makan lebih banyak lagi.

5. Roti dan selai
Kedua makanan ini sering menjadi menu sarapan. Namun keduanya akan membuat perut Anda terasa lebih lapar. Hal ini disebabkan karena roti dan selai kaya akan karbohidrat dan lemak yang membuat kadar gula darah cepat turun.

Saat kondisi gula darah turun ini, Anda hanya akan merasakan lapar, bahkan setelah makan roti dengan selai. ** Baca juga: Selain Susu, Ada 5 Makanan yang Bantu Perkuat Tulang

Atur pola makan menjadi lebih seimbang agar Anda tidak terus menerus merasa lapar meski sudah makan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru