Beberapa Hal yang Sebabkan Orang Menggigil

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Menggigil merupakan reaksi terhadap berbagai kondisi di mana otot mengalami kontraksi berulang-ulang untuk meningkatkan suhu tubuh. Reaksi terjadi akibat tubuh mengalami kedinginan maupun infeksi. Menggigil dapat terjadi dengan atau tanpa demam.**

Ternyata selain kedinginan, melansir medicalnewstoday, menggigil juga bisa menjadi gejala penyakit fisik atau mental. Apa sajakah itu?

1. Demam
Demam biasanya terjadi sebagai akibat infeksi. Ketika demam, suhu tubuh seseorang akan naik, sehingga pasien dapat menggigil. Peradangan dan reaksi alergi juga dapat meningkatkan suhu tubuh yang memicu seseorang untuk menggigil.

2. Gangguan gerakan psikogenik
Bagi sebagian orang, stres atau faktor kesehatan mental dapat menyebabkan menggigil dan gerakan tak terkendali lainnya. Ini biasanya terjadi karena gangguan gerakan psikogenik atau gangguan fungsional, yang dapat memengaruhi bagian tubuh mana pun.

Gangguan fungsional adalah gangguan yang ditandai dengan gejala fisik tanpa dasar organik yang diketahui atau terdeteksi. Gangguan ini merusak fungsi normal tubuh, namun tidak terlihat adanya kerusakan saat dilakukan pemeriksaan.

3. Pascaanestesi
Menggigil juga dapat terjadi ketika seseorang mendapatkan anestesi. Suhu seseorang bisa turun selama prosedur pembedahan, yang dapat menyebabkan mereka menggigil ketika mereka bangun setelah operasi selesai. ** Baca juga: Bakar Sampah di Pekarangan Tidak Disarankan

Pernahkah Anda mengalami kondisi seperti ini?(ilj/bbs)