Beberapa Hal yang Sebabkan Ketombe

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Ketombe merupakan pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit. Serpihan berwarna putih tersebut menyebabkan rasa gatal karena jamur dan bakteri. Nah tahukah Anda, ketombe dapat disebabkan oleh berbagai hal, lho. Melansir Popbela, berikut uraiannya:

1. Kulit kepala yang Kering
Kulit kepala yang kering umumnya rentan mengalami ketombe. Pemilik rambut keriting/ikal umumnya mengalami kulit kepala yang lebih kering ketimbang jenis rambut lainnya. Selain itu, penggunaan sampo sulfat juga dapat menyebabkan masalah ini. Untuk ketombe jenis ini, kulit kepala dan serpihan putih berbentuk bulat dan kecil.

2. Kulit kepala berminyak
Sebum adalah minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar sebasea untuk melembapkan rambut dan kulit, melindunginya jadi kering, juga mencegah tanda penuaan. Namun, produksi sebum yang berlebihan (karena pubertas, kehamilan, stres, dan keramas yang ngga teratur) yang kemudian bercampur dengan kotoran dan sel kulit mati dapat menimbulkan ketombe. Pada jenis ini, ketombe akan terlihat seperti serpihan kekuningan pada kulit kepala, muncul rasa gatal, dan rambut yang berminyak.

3. Infeksi jamur
Jamur Malassezia Globosa adalah jamur yang memproduksi asam oleat, dapat meningkatkan pergantian sel kulit. Adanya infeksi jamur ini pada kulit kepala dapat menimbulkan ketombe, terlebih saat kondisi berminyak atau adanya ketidakseimbangan pH.

Jamur ini juga dapat menular ke orang lain melalui benda-benda yang dipakai di rambutnya. Kalau ketombe terlihat putih kekuningan disertai rasa gatal, tandanya Anda mengalami jenis ketombe karena jamur ini.

4. Tumpukan produk pada kulit kepala
Terlalu banyak penggunaan produk rambut akan menumpuk di atas permukaan kulit kepala, bercampur dengan kotoran dan sel kulit mati, kemudian akan membentuk ketombe, yang juga dapat menyebabkan kerontokan. Gejala yang bisa ditemui adalah serpihan ketombe besar berwarna putih atau kekuningan disertai iritasi dan rambut rontok.

5. Seborrheic Dermatitis
Seborrheic dermatitis adalah kondisi di mana kulit inflamasi kronis yang dapat berkembang di beberapa area tubuh dengan konsentrasi kelenjar sebasea tinggi. Ini meliputi kulit kepala, leher, belakang telinga, wajah, dan alis.

Penelitian menemukan kalau kondisi ini disebabkan oleh reaksi inflamasi pada ragi alami pada permukaan kulit, stres, dan perubahan hormon. Ketombe ini memiliki ciri-ciri seperti serpihan kulit mati, disertai kulit kepala yang terasa berminyak, iritasi, dan terlihat kemerahan.

6. Psoriasis
Psoriasis adalah kondisi kulit kronis akibat sistem imun tubuh yang menyerang jaringan sehat kulit. Ini menyebabkan produksi sel kulit baru meningkat sebelum kulit mati mengelupas.

Hasilnya, akan membentuk serpihan tebal berwarna perak pada leher, lutut, punggun, dan kulit kepala. Selain berwarna keperakan, kulit kepala juga akan terasa gatal dan kemerahan.
** Baca juga: Dehidrasi Pengaruhi Kondisi Mental?

Pernahkah Anda mengalami salah satu dari keenam penyebab ketombe tadi? (ilj/bbs)