oleh

Beberapa Hal Tak Terduga Penyebab Sakit Saat Bercinta

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Bagi wanita, salah satu penyebab sakit saat bercinta adalah kurang maksimalnya foreplay atau pemanasan yang dilakukan oleh pasangan, sebelum menuju “menu utama”.

Di luar penyebab tersebut, ternyata ada beberapa hal yang membuat wanita merasa sakit saat bercinta.

Nyaris tiga dari empat wanita pernah mengalami sakit saat bercinta, tanpa memandang apakah kondisi itu terjadi saat wanita bercinta untuk pertama kalinya, atau untuk kesekian kalinya.

Apa saja penyebab tak terduga yang membuat wanita merasakan sakit saat bercinta? Berikut uraiannya, dikutip dari Kompas Health:

1. Jarang berhubungan seks
Jika Anda tidak berhubungan seks selama dua tahun, tak heran jika akan mengalami sakit saat bercinta.

“Seperti semua otot, aktivitas seks teratur bisa membuat vagina sehat dan kuat. Jika hubungan seks dilakukan teratur, dinding vagina akan tetap lentur dan fleksibel,” kata Raquel Dardik, dokter obstetri dan ginekologi.

2. Stres
Stres saja sebenarnya tak akan menyebabkan rasa nyeri saat bercinta, tetapi hal ini bisa mempengaruhi rangsangan, yang akhirnya bisa mengurangi lubrikasi dan rileksasi otot.

3. Ada perubahan
Setiap wanita akan memasuki masa menopause seiring dengan pertambahan usia. Perubahan ini akan mempengaruhi dorongan seks. Penurunan hormon tertentu juga membuat lubrikasi berkurang. Otomatis, bercinta pun terasa sakit.

4. Infeksi bakteri
Kebersihan vagina yang kurang terjaga atau perubahan hormonal di masa menopause bisa membuat infeksi bakteri atau jamur.

Bila hal itu terjadi, kondisi tidak nyaman bahkan iritasi akan terjadi saat bercinta. Jadi, Anda pun harus lebih memperhatikanĀ  kebersihan organ intim.

5. Faktor emosional
Perasaan takut, bersalah, malu, atau canggung, bisa membuat wanita menjadi kurang rileks, sehingga gairah seks tidak muncul.

6. Terlalu lama
Durasi bercinta yang terlalu lama pada sebagian wanita bisa membuat rasa nyeri. Terutama jika sejak awal pasangan kurang mampu memancing gairah seks wanita. ** Baca juga: Tujuh Cara Hindari Ejakulasi Dini

Suasana nyaman dan rileks menjadi salah satu pendukung keberhasilan sesi bercinta.(ilj/bbs)

Berita Terbaru