Beberapa Hal Tak Biasa yang Jadi Gejala Anemia

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Zat besi merupakan salah satu mineral yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tanpa asupan zat besi yang cukup, ada banyak fungsi-fungsi dalam tubuh yang tidak bisa bekerja dengan benar.

“Peran utama zat besi adalah membawa oksigen dalam darah ke setiap sel dalam tubuh,” kata Beth Thayer, RDN, MS, direktur di Pusat Promosi Kesehatan dan Pencegahan Penyakit di Henry Ford Health System, Detroit.

Selain itu, zat besi merupakan komponen penting dari hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru dan mengangkut ke seluruh tubuh. Apabila jumlah hemoglobin sedikit, maka tubuh akan mengalami anemia (kekurangan darah). Melansir Everydayhealth, berikut adalah beberapa gejala tak biasa yang menandakan Anda mengalami anemia:

1. Kelelahan parah
Mengalami kelelahan yang tidak seperti biasanya merupakan tanda paling umum bahwa tubuh kekurangan zat besi. Adanya kesulitan oksigen untuk mengalir ke sel-sel mempengaruhi tingkat energi dan membuat tubuh lelah dan sulit fokus.

2. Sering infeksi
Zat besi juga memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh. Karena itulah apabila tingkat zat besi kurang, tubuh akan lebih rentan terhadap infeksi.

3. Kulit pucat
Meskipun tidak selalu terjadi, memiliki kulit yang pucat sering dikaitkan dengan kondisi tubuh yang sedang sakit. Hal ini dikarenakan hemoglobin yang memberikan warna kemerahan di kulit berkurang saat asupan zat besi menurun, sehingga warna kulit lebih pucat.

4. Lidah bengkak
Kekurangan oksigen juga dapat menyebabkan otot membesar dan menimbulkan rasa sakit. Meskipun kekurangan zat besi bisa menyebabkan hal ini pada semua otot, bagian lidah adalah yang paling terlihat dan terasa. Selain itu, daerah sekitar mulut/bibir yang pecah-pecah juga bisa jadi tanda kekurangan zat besi.

5. Pica
Orang yang kekurangan zat besi bisa mengalami kemungkinan untuk mengidam hal-hal yang bukan makanan, seperti tanah liat, debu, atau kapur. Kondisi inilah yang dinamakan Pica.

6. Kerontokan rambut
Kekurangan zat besi, khususnya jika sudah mulai mengalami anemia, bisa menyebabkan rambut rontok. Hal ini disebabkan karena folikel rambut tidak mendapatkan cukup oksigen sehingga mengalami masa istirahat dan akibatnya rambut rontok. ** Baca juga: Makanan Atau Minuman yang Sebaiknya Dihindari Dulu Saat Haid

Pernahkah Anda mengalami salah satu dari enam gejala tadi? (ilj/bbs)