oleh

Beberapa Hal Pemicu Sakit Kepala

Kabar6-Setiap orang pasti sudah pernah mengalami sakit kepala. Kondisi ini menjadi tidak nyaman jika berlangsung lama. Salah satu upaya pencegahan adalah dengan minum obat sakit kepala.

 

Apa saja sih yang dapat memicu sakit kepala?

 

1. Cuaca

Meskipun tidak setiap jenis cuaca menimbulkan sakit kepala, ketika cuaca berubah panas, perubahan tingkat kelembaban dan tekanan udara dapat mengubah zat kimiawi dalam otak, yang kemudian memicu sakit kepala.

 

2. Stres

Biasanya sakit kepala timbul justru setelah masa stres berakhir. Penyebabnya adalah hormon yang tengah aktif untuk melawan stres tiba-tiba turun, yang kemudian memicu saluran darah membesar dan bereaksi, sehingga memicu sakit kepala.

 

Sering memicingkan mata saat membaca juga dapat menimbulkan ketegangan otot kepala, yang berakibat memicu sakit kepala.

 

3.Hormon

Hormon yang muncul pada masa menstruasi yang disebabkan turunnya tingkat estrogen saat menstruasi, dapat memicu sakit kepala.

 

4. Makanan & Minuman

Beberapa makanan dipercaya menjadi pemicu sakit kepala, seperti keju (terutama keju yang lembut), cokelat, buah-buahan asam, daging diawetkan, kacang-kacangan, panganan asin, es krim, dan makanan dengan MSG .

 

Di sisi lain, mengkonsumsi terlalu banyak minuman tertentu seperti teh, kopi atau alkohol dapat memicu sakit kepala. Dehidrasi juga merupakan salah satu sebab timbulnya sakit kepala.

 

5. Terlambat makan

Terlambat makan membuat tingkat gula darah menurun, sehingga mendorong sakit kepala. Teralu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula juga dapat memicu serangan sakit kepala. Penyebabnya adalah peningkatan gula darah secara cepat.

 

6. Kurang tidur

Efek kurang tidur pun dapat memicu sakit kepala. Termasuk juga pola tidur yang kacau.

 

7. Olahraga berlebihan.

Olahraga di luar batas kewajaran meningkatkan sirkulasi darah di kepala dan leher, yang menyebabkan pembuluh darah membesar sehingga memicu sakit kepala. Disarankan untuk berolahraga secara berimbang, sekitar tiga sampai lima kali seminggu, agar membantu menghilangkan stres dan mencegah sakit kepala.

 

8. Postur tubuh yang salah

Duduk atau berdiri dengan menekuk bahu akan meningkatkan tekanan di punggung dan leher, sehingga memicu sakit kepala akibat postur tubuh yang tegang. Hindari posisi tubuh yang sama dalam waktu lama dan berlatihlah duduk dengan tegak dan punggung yang lurus. ** Baca juga: Hindari Peralatan Elektronik Saat Tidur

 

Mulailah dengan kebiasaan sehat sehingga terhindar dari sakit kepala.(ilj/bbs)

Berita Terbaru