Home / Aneka Berita / Sehat / Beberapa Hal dalam Makanan yang Dapat Pengaruhi Fungsi Ginjal Anda
Ilustrasi/bbs

Beberapa Hal dalam Makanan yang Dapat Pengaruhi Fungsi Ginjal Anda

Kabar6-Ginjal memiliki suatu sistem penyaringan yang membuat berbagai nutrisi penting dalam darah tidak dapat keluar dari dalam tubuh, namun berbagai zat beracun dapat melalui sistem penyaringan ini dan keluar melalui air kemih.

Terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi kesehatan ginjal. Faktor genetika merupakan salah satu hal yang tidak dapat dikendalikan, dan dapat mempengaruhi kesehatan ginjal.

Diet sehat dan seimbang dapat membantu ginjal berfungsi dengan baik. Sebaliknya, diet yang buruk dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Dilansir dokter id, berikut adalah beberapa hal dalam makanan yang dapat mempengaruhi fungsi ginjal Anda:

1. Natrium (garam)
Natrium dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh untuk mencegah terjadinya tekanan darah rendah. Namun terlalu banyak mengonsumsi natrium dapat meningkatkan tekanan darah.

Nah, tekanan darah yang tinggi akan membuat ginjal harus bekerja lebih keras, yang dapat meningkatkan risiko terjadinya gagal ginjal. Solusinya, batasi konsumsi natrium yaitu sebesar 2.3 gram setiap harinya atau sama dengan 5.8 gram garam setiap harinya.

2. Vitamin B6
Mengkonsumsi vitamin B6 dapat membantu menjaga kesehatan dan fungsi ginjal anda. Menurut sebuah penelitian, rendahnya kadar vitamin B6 dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal.

Batu ginjal terjadi akibat terbentuknya kristal-kristal mineral dalam ginjal anda, yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri pinggang. Batu ginjal yang besar bahkan dapat menghambat fungsi normal ginjal atau menyumbat saluran kemih.

Konsumsilah setidaknya 1.3 mg vitamin B6 setiap hari untuk mencegah terjadinya defisiensi (kekurangan) vitamin B6.

3. Protein
Mengonsumsi banyak protein membuat ginjal harus bekerja lebih keras untuk memproses zat hasil metabolisme protein yang berbahaya. Bila terus berlangsung, hal ini dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal, terutama bila ginjal Anda memang telah mengalami gangguan.

Jadi, pastikan mengonsumsi berbagai jenis makanan sumber vitamin B6 dan batasi konsumsi garam  untuk membantu menjaga kesehatan dan fungsi ginjal.

Hindari berbagai jenis makanan siap saji, junk food, dan makanan olahan, karena mungkin mengandung banyak garam. Batasi juga konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung banyak garam seperti ham, jus tomat, dan acar. ** Baca juga: Perkiraan Usia Harapan Hidup Bisa Dilihat dari Lingkar Pinggang?

Konsumsilah berbagai jenis daging, ikan, gandum, alpukat, kentang, kacang, pisang, dan semangka yang merupakan sumber vitamin B6.(ilj/bbs)

Check Also

Mana yang Efeknya Lebih Berbahaya, Makanan Pedas Atau Manis?

Kabar6-Setiap orang memiliki selera makan yang berbeda, termasuk soal rasa makanan, mulai dari pedas, manis, ...