oleh

Beberapa Bagian Tubuh yang ‘Menanggung’ Akibat Buruk Saat Anda Patah Hati

Kabar6-Tidak semua orang memiliki kisah cinta yang berjalan mulus. Sebagian harus kandas di tengah jalan karena berbagai hal. Namun tahukah Anda, patah hati atau mendengar kata ‘putus’ tidak hanya membuat seseorang merasa sedih tetapi juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh?

Ada beberapa bagian tubuh, melansir dokter.id, yang akan menanggung akibat buruk akibat patah hati. Apa sajakah itu?

1. Perut
Apakah perut Anda terasa mulas saat mendengar ajakan putus dari pasangan? Hal ini karena rasa stres yang Anda rasakan memicu kenaikan asam lambung dalam perut. Selain itu, otak pun akan segera mengirimkan sinyal rasa kenyang sehingga Anda pun tidak lagi merasa lapar dan tidak nafsu makan.

2. Rambut
Dalam perkembangannya, folikel rambut akan mengalami suatu fase istirahat di mana rambut akan berhenti bertumbuh untuk sementara. Saat stres, fase ini akan menjadi lebih panjang, dan yang lebih parahnya lagi adalah Anda juga dapat mengalami kerontokan.

3. Otak
Pada saat Anda merasa stres karena diputuskan oleh sang kekasih, maka hal ini akan memicu suatu bagian somatosensorik dalam otak, yang akan menyebabkan munculnya berbagai gejala tidak mengenakkan seperti tubuh terasa pegal, nyeri otot, dan berbagai rasa tidak nyaman lainnya.

4. Hormon
Saat stres, maka kadar hormon stres atau kortisol dan kadar hormon adrenalin pun akan meningkat. Hal ini tentu saja dapat memicu terjadinya peningkatan tekanan darah, yang dapat berdampak buruk pada Anda yang memang telah menderita tekanan darah tinggi dan orang yang sudah berusia lanjut.

5. Peningkatan sistem kekebalan tubuh
Mendengar kata ‘putus’ juga dapat memicu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja secara berlebihan, yang akan meningkatkan reaksi radang di seluruh tubuh.

Selain itu, karena sistem kekebalan tubuh tidak dapat bekerja dengan baik, maka Anda pun dapat mengalami demam dan meriang. ** Baca juga: Studi di AS Ungkap, Orang Kaya Tidur Lebih Lama di Malam Hari Ketimbang Orang Miskin

Jadi bagi Anda yang masih merasa sedih dan stres karena patah hati, segera bangkit dengan mengerjakan berbagai hal positif lainnya seperti olahraga, melakukan hobi, atau menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan lain.

Dengan demikian, kesehatan akan lebih terjaga dan kesedihan berlalu tanpa Anda sadari.(ilj/bbs)

Berita Terbaru