oleh

Bawang Putih Bantu Lawan Infeksi Bakteri Secara Efektif

Kabar6-Studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Report menemukan, Ajoene senyawa sulfur aktif yang terkandung dalam bawang putih dapat membantu melawan infeksi bakteri secara efektif.

Tim periset yang berasal dari University of Copenhagen seperti dilansir Boldsky, mengungkapkan bahwa senyawa Ajoene ini dapat menghancurkan komponen penting dalam sistem komunikasi bakteri Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa.

“Temuan ini bisa mengantarkan kita pada metode pengobatan pasien yang memiliki prospek buruk, karena infeksi kronis seperti fibrosis kistik bisa sangat kuat,” ujar Dr. Tim Holm Jakobsen, penulis utama studi.

Selama penelitian, para peneliti juga menemukan bahwa Ajoene membantu menghambat molekul RNA regulator kecil (sRNA) pada dua jenis bakteri tersebut. “Senyawa dalam bawang putih ini dapat melawan keduanya sekaligus dan mungkin terbukti sebagai obat yang efektif ketika digunakan bersama dengan antibiotik,” urainya.

Selain menghambat molekul RNA bakteri, ajoene juga merusak matriks pelindung berlendir yang mengelilingi bakteri, atau disebut biofilm. Bila biofilm dihancurkan atau dilemahkan, antibiotik dan sistem kekebalan tubuh alami dapat menyerang bakteri secara langsung dan dengan demikian menghilangkan infeksi.

Selain dapat melawan infeksi, bawang putih juga memiliki berbagai khasiat lain. Kandungan antioksidannya dapat membantu mencegah penyakit jantung. Sementara senyawa alisin pada bawang putih juga berfungsi sebagai pengencer darah alami dan membantu mengatur tekanan darah. ** Baca juga: Aaww…Cinta Jadi Satu dari Banyak Faktor Kenaikan Berat Badan

Senyawa alisin juga dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mencegah diabetes jika bawang putih dikonsumsi mentah-mentah.(ilj/bbs)

Berita Terbaru