oleh

Bawa Pernak-Pernik Lebaran Dipaksa Putar Balik di Pintu Tol Bitung

Kabar6-Puluhan kendaraan pirbadi yang melintasi wilayah perbatasan Tangerang-Serang mulai dari Jalan Gatot Subroto, Jalan MH Thamrin, dan Jalan Raya Serang, kepergok di posko penyekatan. Petugas gabungan pun memaksa kendaraan untuk berputar balik.

Lukman, petugas Dinas Perhubungan Provinsi Banten menjelaskan, bila kendaraan yang minta untuk melakukan putar balik merupakan warga yang hendak berpergian ke arah Serang dan Pelabuhan Merak.

“Tadi itu sudah ada yang kita putar balik, karena memang mau ke luar dari daerah Tangerang. Terus ada juga yang bilang mau kerja, tapi kita cek ada kardus kardus yang isinya pernak pernik lebaran, hingga akhirnya kita putar balik,” jelasnya, Minggu (9/5/2021).

Terpantau dalam penyekatan itu petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap bagian bagasi kendaraan roda empat hingga barang bawaan pengendara roda dua.

“Kita cek juga barang-barangnya, bersama petugas gabungan, dari TNI-Polri,” ujarnya.

Begitupun untuk truk bermuatan, petugas juga melakukan pemeriksaan, lantaran dikhawatirkan membawa orang yang hendak mudik.

“Truk juga diperiksa, tapi sejauh ini aman,” jelasnya.

Sementara wilayah perbatasan Kota Tangerang, yakni di Jalan Raya Gatot Subroto, kecamatan Jatiuwung dan di Jalan MH Thamrin, Kecamatan Tangerang, Petugas gabungan juga melakukan penyekatan kendaraan mengarah pintu masuk Tol Tangerang-Merak.

“Teknisnya kami menyeleksi kendaraan roda dua atau roda empat yang diduga akan mudik seperti bawa banyak penumpang atau barang. Kemudian kami periksa kelengkapan surat-suratnya, apabila benar akan mudik kita suruh putar balik,” kata Ipda Arifin petugas di Pos pengamanan Jatiuwung.

**Baca juga: Selama Corona, Disnaker Tangsel Tangani 64 Kasus Perselisihan Industrial

Selain itu, petugas juga memasang rambu tanda kaca mobil harus dibuka. Hal ini untuk memudahkan petugas dalam melakukan seleksi terhadap penumpang.

“Siang ini ada tapi dari semalam datanya sudah banyak yang disuruh putar balik,” ungkap Arifin.(yud)

Berita Terbaru