oleh

Batan Terima Sertifikat Sistem Manajemen Terintegrasi dari PT Sucofindo

Kabar6-Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) terima sertifikat system management mutu, Keamanan, kesehatan dan keselamatan kerja (K3) serta lingkungan dari PT Sucofindo di Gedung Graha Widya Bhakti, Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu (5/12/2018).

Penerimaan sertifikat itu menjadikan Batan sebagai satu-satunya instansi pemerintah yang berhasil mengintegrasikan ketiga system manajemen yaitu mutu, K3, serta lingkungan menjadi satu system manajemen terintegrasi bernama Sistem Manajemen Batan.

Kepala Batan, Djarot Sulistio Wisnubroto menjelaskan, pelaksanaan system manajemen yang baik merupakan bagian utama dalam mendukung pengelolaan teknologi yang memiliki risiko tinggi seperti nuklir.

“Dengan diterimanya sertifikat dari PT Sucofindo yang pertama kali diberikan kepada kementerian / lembaga, merupakan bukti bahwa budaya birokrasi yang kredibel telah dijalankan oleh Batan,” ungkap Djarot.

**Baca juga: Sosialisasi Teknologi Nuklir ke Masyarakat, Batan Butuh Peran Stakeholder.

Secara sederhana, lanjut Djarot, system manajemen dapat dimaknai sebagai upaya menempatkan masing-masing pendukung di lembaga dalam tugas dan fungsinya.

“Lembaga harus mempunyai bisnis proses yang jelas, tugas masing-masing personel juga jelas dan kesemuanya dikaitkan dengan outcome yang menjadi target lembaga,” paparnya. (fit)

Berita Terbaru