Baru Usia 12 Hari, Gigi Seorang Bayi Harus Dicabut

kabar6.com
Bayi Isla Rose.(The Guardian)

Kabar6-Bagi banyak orang, salah satu hal paling menakutkan dalam hidup adalah ke dokter untuk cabut gigi. Ya, tidak semua orang memiliki keberanian untuk melakukan hal itu.

Namun Isla Rose, seorang bayi yang masih berumur 12 hari, harus melakukan tindakan cabut gigi akibat kondisi langka yang dialaminya. Melansir The Guardian, bayi Isla yang berasal dari Plymouth, Devon, Inggris, ini adalah salah satu bayi dengan kondisi langka yang terlahir dengan satu gigi. Jika pada umumnya seorang bayi akan tumbuh gigi pada usia minimal enam bulan atau bahkan satu tahun, bayi Rose telah memiliki satu gigi sejak lahir.

Kondisi yang dialami bayi Isla, menurut DBA (British Dental Association), terjadi pada satu dari sekira 2.000 kelahiran. Gigi yang sudah tumbuh saat bayi lahir sering disebut sebagai gigi natal, gigi yang tumbuh di atas garis gusi saat lahir.

Namun setelah 12 hari kelahirannya, gigi Isla goyah sehinggaharus dicabut agar mendatang tidak terjadi hal-hal buruk. Karena usia Isla masih sangat belia, tindakan cabut gigi tidak boleh disertai pemberian obat anestesi. Mau tidak mau Isla mencabut gigi tanpa obat anestesi atau obat bius sama sekali.

“Dia harus mencabut giginya karena gigi itu goyah. Dia lebih berani dariku. Dia tidak benar-benar menangis. Dia bahkan tidak memerlukan obat bius saat giginya dicabut,” kata Jasmine, ibunda Isla. ** Baca juga: Raksasa! Ukuran Kaki Jeison Disebut Terbesar di Dunia

Sementara itu, dokter dari The Seven Trees Dental Access Centre yang menangani kasus Isla Rose mengatakan, sejauh ini Isla adalah pasien termuda terkait masalah gigi. ** Baca juga: Europixpro Door, Produk Anak Negeri Berkualitas Dunia

Bayi yang kuat.(ilj/bbs)