oleh

Baru Tahu, Olahraga pada Hari Minggu Ternyata Tidak Disarankan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Untuk menjaga badan tetap bugar, tidak sedikit orang yang melakukan olahraga pada akhir pekan atau hari Minggu. Salah satunya karena aktivitas yang padat sepanjang Senin hingga Jumat.

Benarkah Minggu adalah hari yang tepat untuk berolahraga? Menurut Dr. Matthew Sleeth, penulis 24/6: A Prescription for a Healtier, Happier Life, tubuh membutuhkan waktu untuk beristirahat atau “stop day”.

Ketika beraktivitas, dikutip dari Aura, tubuh akan mengeluarkan hormon adrenalin dalam jangka pendek dan hormon steroid dalam jangka panjang untuk mengatasi stres dan kelelahan. 

Nah, jika tidak meluangkan satu hari saja untuk beristirahat, itu artinya Anda menghalangi tubuh dalam mengurangi kadar kedua hormon tersebut dan membalikkan tubuh pada kondisi semula.

Bagaimana solusinya? Buatlah jadwal prioritas setiap Senin pagi yang berlaku untuk seminggu. Usahakan agar mengosongkan waktu pada hari Minggu, sehingga Anda termotivasi untuk menyelesaikan semua pekerjaan sebelum akhir minggu.

Ingat, jangan memaksakan diri untuk berolahraga, kecuali memang Anda benar-benar menginginkannya. Jika dirasa sebagai beban, sebaiknya urungkan niat untuk berolahraga. Cukup lakukan sedikit gerakan peregangan agar tubuh tidak kaku. ** Baca juga: Makanan & Minuman yang Sebaiknya Tidak Ada dalam Dapur Agar Diet Sukses

So, jadikan hari Minggu sebagai saat untuk rileks dan melakukan kegiatan yang Anda sukai sehingga tidak menambah beban pikiran.(ilj/bbs)

Berita Terbaru