oleh

Banyak Penumpukan Sampah, Ini Alasan DKPP Tangsel

Kabar6-Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Pemakaman (DKPP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berdalih ada dua hal yang menyebabkan sulitnya mengatasi masalah sampah. Kondisi ini pulalah yang menyebabkan menjamurnya lokasi pembuangan sampah ilegal di sejumlah wilayah di Tangsel.

Kepala Bidang Kebersihan DKPP Kota Tangsel, Yepi Suherman mengatakan, banyaknya sampah yang tidak terangkut akibat terbatasnya tenaga angkut sampah.

“Setiap hari kita mengangkut lebih kurang 130 ton sampah,” katanya, Minggu (20/4/2014).

Selain itu, kapasitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, di Kecamatan Setu, juga tak memadai untuk menampung seluruh sampah yang ada. Sehingga masih banyak sampah yang tidak bisa terangkut.

“Jadi yang bisa tercover cuma 130 ton,” kata Yepi.

Seratusan ton sampah itu tiap hari dikirim ke TPA Cipeucang. Saat ini,  kapasitas TPST CIpeucang sudah tidak mencukupi lagi untuk menampung seluruh sampah warga Kota Tangsel.

Oleh karena itu, saat ini pemerintah tengah menyiapkan lahan TPA tambahan seluas 1,7 hektar, untuk mengkafer kapasitas TPST Cipeucang yang hanya seluas 2,4 hektar. **Baca juga: Banyak Lokasi Pembuangan Sampah Ilegal di Tangsel.

Namund emikian, sebelum lahan tambahan bisa digunakan, DKPP berharap warga bisa membantu upaya penanggulangan sampah dengan cara-cara seperti mengaplikasikan program 3R (reduce, reuse, recycle) dan mengelola bank sampah.(yud)

Berita Terbaru