oleh

Bantu Pengusaha Kecil, Pemkab Tangerang Rancang Claster Industri Rumahan

Kabar6-Pengusaha kecil yang termasuk dalam Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Tangerang boleh berbesar hati. Karena, sebentar lagi usahanya bakal mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), saat ini Pemerintah Kabupaten Tangerang tengah merancang pembangunan claster industri rumahan dari berbagai jenis produk.

Upaya tersebut sengaja dilakukan untuk membantu para pengusaha kecil (UMKM) dalam mengembangkan usahanya.

“Tim Bappeda tengah merancang program claster industri rumahan. Saat ini tim tengah melakukan inventarisasi potensi daerah dari seluruh kecamatan di Kabupaten Tangerang,” ujar Sekretaris Bappeda Kabupaten Tangerang Nono Sudarno kepada Kabar6.com, Selasa (31/7/2012).

Dijelaskan Nono, claster ini dibangun dengan konsep one village one product atau satu wilayah satu produk dari mulai produksi hingga pemasaran.

Dengan demikian, maka konsumen yang membutuhkan produk industri rumahan semisal topi anyaman bambu, sandal, keripik singkong dan lainnya akan dengan mudah mendapatkannya.

“Target kami, tahun depan sudah bisa dicanangkan program tersebut. Program ini tentunya mengacu pada program nasional tentang pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah,” katanya.

Ditambahkan Nono, pelaksanaan program ini akan dilakukan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag), sedangkan untuk pengembangannya digawangi oleh Dinas Koperasi dan UMKM. “Ada dua dinas yang akan menjalankan program tersebut,” katanya.

Program ini lanjut Nono, sengaja dirancang untuk memudahkan para pengusaha kecil dalam mengembangkan dan memasarkan hasil produksinya. Dengan demikian diharapkan, akan meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Tangerang.

“Ini salah satu program pemberdayaan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.(din)

 

Berita Terbaru