oleh

Banten Tolak Hewan Qurban Asal Bogor

Kabar6-Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Banten sepenuhnya melarang pasokan hewan kurban dari daerah Bogor, Jawa Barat.Pihaknya khawatir hewan kurban dari Kota Hujan ini mengidap anthrax.

“Kami tidak akan merekomendasikan pasokan hewan kurban dari daerah Bogor untuk hari raya Idul Adha, baik itu domba, kambing, dan sapi,” kata Agus M Tauchid, Kepala Distanak Provinsi Banten kepada wartawan,
Kamis (26/9/2013).

Ia menjelaskan, pihaknya menolak pasokan hewan kurban dari daerah Bogor untuk mengantisipasi penyakit anthrax. “Maaf, kami bukannya mengembargo hewan kurban dari Bogor, kami hanya kuatir penyakit anthrax tidak terkendali,” ujarnya.

Diakui, pasokan hewan kurban kambing dan domba di Provinsi Banten hampir 50 persen dipasok dari luar Banten.

“Tapi sebetulnya kita tidak perlu pasokan dari luar. Untuk sapi dan kerbau, kita punya peternakan tersendiri seperti di Tangerang, Serang, Pandeglang, dan Lebak,” terangnya.

Ia menandaskan, kalaupun hewan kurban harus dipasok dari luar Banten, hewan tersebut harus memiliki Surat Kesehatan Hewan (SKH) dari daerah
asal.

“Kami prioritaskan hewan kurban yang masuk ke wilayah Banten harus memiliki kategori aman, sehat, utuh, dan halal sesuai SKH daerah asal,” ucap Agus M Tauchid.(bbs/jus)

Berita Terbaru