oleh

Banten Hanya Miliki 1 Juta Enterpreneur, Warga Banten Lebih Tertarik Jadi Pekerja

Kabar6-Banten memiliki sekitar 12 juta masyarakat, namun pelaku UMKM maupun IKM hanya ada sekitar 1 juta saja. Warga Banten pada umumnya masih tertarik untuk mencari pekerjaan, dibandingkan menciptakan lapangan pekerjaan atau menjadi enterpreneur.

“Di Banten, 12 juta penduduk Banten, UMKM nya 1 juta, jadi 1 banding 12. Jadi warga Banten masih senang masuk ke pasar kerja, ke dunia industrinya,” ujar Kabid Industri pada Disperindag Provinsi Banten, Rudiansyah, ditempat yang sama, Rabu (18/05/2022).

Kemudian bagi pelaku UMKM dan IKM, Disperindag Banten mengaku terus berusaha agar mereka bisa meningkatkan produksinya, sehingga menambah tenaga kerja.

Pelatihan menjadi pebisnis atau pelaku UMKM sudah dilakukan sejak dibangku sekolah maupun kuliah. Sehingga diharapkan saat mereka lulus, memiliki minat menjadi wiraswasta.

**Baca juga: Bank Indonesia Bantu Digitalisasi Pasar UMKM dan IKM Banten

Rudiansyah menerangkan, Pemprov Banten kerap melakukan link and match bagi siswa sekolah agar siap masuk ke dunia kerja. Kemudian, mendorong siswa maupun mahasiswa untuk menjadi pebisnis di jaman modern saat ini.

“Nah ini yang kita dorong pengembangan UMKM, IKM ini jadi solusi, jadi kita dorong tamatan SMK itu, perguruan tinggi itu,” jelasnya.(Dhi)