oleh

Banjir Rendam Rumah Warga di Malingping, Saluran Irigasi Dituding Jadi Penyebab

Kabar6-Banjir merendam rumah-rumah warga di Kampung Simpang, Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Selasa (17/11/2020). Salah satu rumah yang tak luput terendam adalah milik anggota DPRD Lebak Fraksi NasDem, Peri Purnama.

Peri menyebut, tidak hanya di Sukamanah, warga Desa Cilangkahan juga mengalami hal yang sama di kala hujan mengguyur.

Banjir yang merendam rumah warga akibat kondisi saluran irigasi Daerah Irigasi (DI) Irigasi Cilangkahan yang rusak dan tak juga dilakukan normalisasi.

“Irigasi Cilangkahan 2 yang belum kunjung dinormalisasi. Pendangkalan dan di beberapa titik rusak, padahal beberapa bulan ke belakang sempat dikeruk, hanya tidak menyeluruh dari hulu ke hilir,” ujar Peri kepada Kabar6.com.

**Baca juga: BLT-DD, DPMD Lebak Warning Desa Jangan Ngaku-ngaku Anggaran Habis.

Menurut Peri, kondisi kerusakan DI Cilangkahan 1 tak kalah parah. Kerusakan DI menyebabkan banyaknya titik longsor karena bertahun-tahun putus tanpa perbaikan.

“Masyarakat yang dilalui dua ruas irigasi tersebut selalu kebanjiran saat turun hujan. Saya minta pemerintah daerah yang berwenang agar segera turun tangan menangani kedua DI agar masyarakat tidak terus menerus dirugikan,” pinta Peri.(Nda)

Berita Terbaru