oleh

Bangun Tidur Lebih Sehat & Segar Ala Feng Shui

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tuntutan pekerjaan seringkali mengharuskan Anda datang lebih awal ke tempat kerja. Dan itu artinya, Anda harus bangun pagi untuk mengejar waktu. Kondisi seperti ini seringkali membuat badan terasa capek, sehingga Anda menjadi kurang maksimal saat beraktivitas.

Nah apa yang harus dilakukan agar Anda dapat bangun tidur dalam kondisi sehat dan segar? Berikut tipsnya menurut feng shui:

1. Posisi tempat tidur
Posisi tempat tidur ideal yakni posisi di mana Anda dapat melihat pintu kamar sambil berbaring. Menurut feng shui, pemandangan pintu kamar dipercaya memberikan rasa aman saat beristirahat, sehingga Anda menjadi  lebih rileks dan tidur nyenyak.

Disarankan untuk meletakkan tempat tidur pada pojok ruangan, berhadapan secara diagonal dengan pintu. Tempatkan kepala tempat tidur menempel pada dinding, jangan membelakangi jendela atau jauh dari dinding.

Kepala tempat tidur yang menempel pada jendela dipercaya akan menghambat energi chi untuk keluar masuk ruangan, sehingga tidur pun akan menjadi gelisah.

Jika Anda menggunakan tempat tidur untuk dua orang, pastikan ada jalan keluar berukuran sama di kedua tempat tidur agar bisa bangun dengan mudah.

2. Gunakan kamar tidur sesuai fungsinya
Televisi, komputer, alat kebugaran yang Anda letakkan di kamar dinilai akan menganggu istirahat dan melambangkan kelemahan serta pengurasan energi.

Jika benda-benda tersebut telanjur ada dalam kamar, tutuplah dengan kain saat Anda akan tidur.

3. Pertahankan kerapian kamar
Menurut feng shui, kamar yang berantakan akan menghambat peredaran energi chi, menyebabkan stagnasi, menganggu tidur, dan mencegah kemajuan dalam hidup.

Jangan jadikan area kosong di bawah tempat tidur sebagai tempat penyimpanan. Kosongkanlah area itu sebisa mungkin. Lemari baju Anda sebaiknya juga rapi dan jangan lupa untuk menutup pintu pada malam hari.

Keluarkan pakaian yang sudah tidak Anda gunakan lagi dan berikan kepada orang yang membutuhkan. Meja rias pun harus rapi dan jangan menumpuk buku di meja.

4. Proporsi cermin
Menurut feng shui, bila Anda merasa gelisah saat tidur mungkin cerminlah penyebabnya. Cermin dapat membaurkan energi di dalam ruangan sehingga Anda tak dapat tidur dengan nyenyak. Selain itu, cermin juga menimbulkan rasa cemas.

Jangan meletakkan cermin di atas atau di sisi tempat tidur karena ditengarai dapat Anda tak dapat melihat bayangan sendiri saat berbaring.

Hindari menggantung cermin berseberangan dengan tempat tidur, karena dinilai dapat memunculkan pihak ketiga dalam suatu hubungan dan mendorong adanya perselingkuhan. Jangan gunakan cermin berukuran besar di dalam kamar atau tutupi saja dengan kain saat Anda hendak tidur.

5. Pilih aksesori kamar yang menenangkan
Hindari bentuk atau gambar menyedihkan yang jumlahnya hanya satu atau memberi simbol kesendirian. Hindari gambar air yang mengalir seperti air terjun, danau, atau sungai.

Meski dalam feng shui air menyimbolkan uang dan dipandang baik untuk dihadirkan di beberapa ruangan lain dalam rumah, air dalam kamar tidur ternyata dinilai dapat menggiring penghuninya perilaku boros.

6. Pilih warna seimbang untuk kamar
Menurut feng shui, warna-warna hangat yang mendekati warna kulit, seperti krim, peach, beige, kuning, coral, dan cokelat muda dianggap menenangkan.

Warna biru, hijau, dan ungu lembut dapat mmbuat suasana lebih rileks dan kondusif untuk tidur. Sementara warna-warna dingin seperti abu-abu, biru, atau putih dipercaya dapat menganggu relaksasi. ** Baca juga: Cepat Timang Momongan Ala Feng Shui

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru