Bangun Terlalu Pagi Tidak Baik untuk Kesehatan?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Ada banyak anjuran yang mengajak kita bangun pagi dengan berbagai alasan kesehatan yang menguntungkan. Namun bangun terlalu pagi dengan tidur yang mencukupi, ternyata justru memberikan efek buruk bagi tubuh.

Bangun lebih awal dapat menyebabkan tubuh Anda mengalami kelelahan di siang hari, yang berarti Anda mungkin tidur di sore hari, dan pada akhirnya dapat menyulitkan Anda untuk tidur di malam hari.

Kekurangan tidur akan membuat mereka sulit untuk merawat kesehatan dengan benar. Saat Anda tidur larut malam dan harus bangun pagi, maka tidak akan mendapatkan cukup tidur dan mengganggu jam tubuh mereka. Melansir TheHealthSite, berikut adalah beberapa alasan mengapa bangun terlalu pagi juga tidak baik untuk kesehatan:

1. Kelelahan
Anda mungkin akan mengalami kelelahan yang tidak biasa sepanjang hari jika mencoba bangun terlalu pagi, khususnya bagi pada mereka yang tidak terbiasa. Bangun lebih awal dapat menyebabkan Anda merasa mengantuk sepanjang hari. Akibat lainnya adalah diet bisa rusak, karena Anda akan mencoba minum minuman berkafein, dan mengonsumsi makanan manis tetap aktif sepanjang hari.

2. Kurang tidur
Jika Anda bangun sampai larut malam dan kemudian mencoba bangun pagi-pagi keesokan harinya, ini mungkin lebih berbahaya bagi tubuh. Karena ketika kurang tidur, otak Anda tidak berfungsi pada kapasitas penuh.

Selain itu, Anda akan merasa sulit untuk tertidur nanti ketika menjadi lelah. Ini membuat kekurangan tidur menjadi lebih buruk, tubuh Anda akan menjadi stres dan lelah jika dilakukan secara konsisten. Dalam skenario terburuk, hal ini bisa menyebabkan kematian dini. ** Baca juga: Benarkah Kebiasaan Menahan Kentut Bisa Bikin Napas Bau

Jadi, tidurlah dengan waktu cukup dan bangun pagi di waktu yang tidak terlalu awal.(ilj/bbs)