oleh

Bandara Unik yang Tiada Duanya

Kabar6-Bandar udara (bandara) atau pelabuhan udara merupakan sebuah fasilitas tempat pesawat terbang dapat lepas landas dan mendarat.

 

Bandara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah landas pacu, namun bandara-bandara besar biasanya dilengkapi berbagai fasilitas lain, baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya.

 

Nah, berikut adalah bandara yang unik di beberapa tempat:

 

1. Princess Juliana International Airport (St.Marteen)

Bandara ini memiliki landasan yang sangat dekat dengan pantai. Uniknya, pantai tersebut selalu dipenuhi oleh para turis yang sedang berjemur.

 

2. Juancho E. Yrausquin Airport

Merupakan satu-satunya airport di Pulau Saba di kepulauan Karibia. Di ujung landasan terdapat huruf X besar yang menandakan bahwa airport ini tidak untuk penerbangan komersial.

 

Bahaya terdapat pada kondisi geografis bandara tersebut. Di satu sisi bukit yang tinggi dan di kedua ujung landasan terdapat jurang yang langsung menuju lautan. Sangat berbahaya bagi pesawat dengan kemungkinan tidak dapat mendarat karena menabrak jurang atau kurang tenaga untuk take off yang menyebabkan jatuh ke jurang juga.

 

3. Lukla Airport

Bandara ini terletak di ketinggian 2.900 meter dari permukaan laut, jadi hampir tidak ada kekuatan yang cukup untuk tinggal landas. Terletak di Kota Lukla, Timur Nepal. Bandara ini cukup populer karena banyak yang menggunakannya sebagai titik awal pendakian puncak Everest.

 

4. Gibraltar Airport

Terletak di Kota Gibraltar, tepatnya di bagian Selatan pesisir Spanyol. Keunikan bandara ini terdapat jalan raya yang menghubungkan dua sisi kota, dan terletak di tengah-tengah runway bandara tersebut. ** Baca juga: Negara yang Memiliki Mitos Hantu

 

Kebayang gak sih jika mendarat di salah satu bandara tersebut? (ilj/bbs)

Berita Terbaru