oleh

Balita Cikupa Raih Juara 1 Lomba Bayi Sehat

Kabar6-Sukses untuk Zivana Matswah Mufashonah (4). Balita perempuan ini berhasil menggondol trophy setelah memenangkan Lomba Balita Sehat (LBS) yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Kamis (12/6/2014).

Namun, sukses yang diraih buah cinta pasangan Fudoli dan Yulianti ini, tentu juga sukses bagi Puskesmas Cikupa. Karena, hasil juara 1 balita sehat untuk kategori balita umur 2 sampai 5 tahun diraih Zivana atas dukungan puskesmas setempat.

Kepala Puskesmas Cikupa drg. Andriana yang menjadi pelopor kemenangan tersebut mengatakan, untuk meraih juara 1 tidaklah mudah. Perlu kerjasama antara balita dengan ibunya.

“Yang dilombakan bukan hanya si balita, tapi juga ibunya. Sehingga, keduanya harus memenuhi kriteria tim juri,” terang Andriana.

Menurut Andirana, ada 6 indikator yang harus dipenuhi ibu dan anak untuk dapat meraih nilai penuh dari juri. Diantaranya, kesehatan bayi secara keseluruhan, kesehatan gigi, tumbuh kembang, hingga pengetahuan ibu tentang posyandu.

“Pengetahuan ibu sang balita juga turut diperlombakan, mulai dari pengetahuan terkait PKK, mulai dari ka puskesmas hingga dinas sosial. Juga latar belakang pendidikan si ibu, pekerjaan ibu hingga penggunaan kontrasepsi berupa KB,” ujar Andirana lagi.

“Semakin rendah table ibu, semakin tinggi nilainya dimata juri,” jelas Andriana.

Diketahui, lomba ini bertema “Kita Optimalkan Pertumbuhan dan Perkembangan Pada 1000 Hari Awal Kehidupan dan Balita Untuk Menjadi Generasi yang Beriman, Sehat dan Cerdas menuju Masa Depan Gemilang”.

Lomba juga diikuti sekitar 58 peserta LBS dari 29 kecamatan se Kabupaten Tangerang. Masing-masing kecamatan mengirim 2 peserta.(agm)

**Baca juga: Mahasiswa UMT Babak Belur Dihajar Senior.

Berita Terbaru