oleh

Bakar Kalori Melalui 5 Kegiatan Harian di Rumah

Kabar6-Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar lemak dalam tubuh terbakar. Selain rutin olahraga, beberapa di antaranya berasal dari aktivitas saat membersihkan rumah atau melakukan sejumlah pekerjaan rumah.

Ketika tubuh bergerak untuk melakukan pekerjaan rumah tangga, tanpa disadari keringat mulai bercucuran karena kalori yang ikut terbakar. Dan bila dilakukan secara rutin, tak hanya membuat rumah menjadi bersih, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Apa saja sih kegiatan membersihkan rumah yang bisa membakar lemak dan kalori? Melansir Herworld, ini lima aktivitas yang dimaksud:

1. Cuci piring
Saat tubuh bergerak mencuci piring, banyak kalori yang turut terbakar dan terbuang sebanyak 85 kalori. Bahkan menurut penelitian di Florida State University, saat mencuci piring dengan fokus mencium aroma sabun dan merasakan suhu air, bisa menurunkan rasa gugup hingga 27 persen.

2. Bersihkan debu dengan vacum cleaner
Ketika membersihkan ruangan dari debu dengan vacum cleaner, kalori bisa terbakar hingga 238 per jam.

3. Mengepel ruangan
Selain membersihkan rumah dari kotoran, mengepel juga jadi aktivitas rumah yang bisa menurunkan berat badan. Selama setengah jam tubuh bergerak, maka 119 kalori akan terbakar. Manfaat lain bisa juga untuk memperkuat lengan dan melatih kaki Anda.

4. Berkebun
Saat tubuh bergerak, dari mulai menanam, menyiraminya dengan air, hingga memindahkan letak pot bunga bisa membakar kalori dalam tubuh hingga 272-306 per jam. Bahkan, berkebun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental, seperti menghilangkan stres, mengembangkan pola pikir dan lainnya.

5. Cuci baju
Menurunkan berat badan yang paling mudah dengan cara mencuci baju sendiri setiap hari. Dengan begitu, 68 kalori bisa terbakar dan keluar melalui keringat tubuh. ** Baca juga: Tingkatkan Konsentrasi, Konsumsi Sejumlah Makanan dan Minuman Sehat

Berniat mencoba? (ilj/bbs)

Berita Terbaru