oleh

Baidu Luncurkan Layanan Taksi Robot Tanpa Awak di Tiongkok

Kabar6-Raksasa teknologi Baidu telah menguji coba lebih dari 500 kendaraan swakemudi atau taksi robit tanpa awak di Beijing dan kota-kota Tiongkok lainnya.

Taksi robot yang disebut Apollo ini, melansir News18, dioperasikan untuk mengangkut siapa saja yang ingin berkeliling kota dan bersedia membayar ongkosnya. Wei Dong, Wakil Presiden dan Chief Safety and Operations Officer di Baidu Intelligent Driving Group, mengatakan bahwa kendaraan swakemudinya membuat berkendaraan menjadi lebih murah, lebih mudah dan lebih aman.

“Ketika kendaraan dapat beroperasi sendiri tanpa bergantung pada manusia, ini dapat menciptakan nilai-nilai sosial di berbagai tingkatan. Tidak akan ada lagi pengemudi mengantuk, sementara jumlah kecelakaan parah yang disebabkan pengemudi yang buruk yang mengakibatkan kematian juga akan sangat berkurang,” terang Dong.

Saat ini operasi Apollo masih sangat terbatas, dan layanannya hanya di kawasan sekira 60 kilometer persegi di Yizhuang, sebuah distrik industri di pinggiran tenggara Beijing, yang memiliki jalan-jalan lebar serta jarang dikunjungi pengendara sepeda atau pejalan kaki. ** Baca juga: Pecahkan Rekor Dunia, Pebbles Jadi Anjing Tertua di Dunia Berusia 22 Tahun

Layanan Apollo kini diperluas di Shanghai dan delapan kota lainnya di Tiongkok, dengan layanan yang diberi nama Apollo Go, dan telah memberikan 213 ribu layanan perjalanan pada kuartal terakhir tahun lalu, sehingga menjadikannya perusahaan taksi self-driving tersibuk di dunia.

Tetapi Zhou Lijun, Direktur dan Kepala Analis di Yiche Research Institute, mengatakan bahwa teknologinya masih jauh dari sempurna. “Kita masih dalam tahap eksplorasi, dan kita tidak boleh melebih-lebihkan prospeknya dan mengatakan bahwa teknologinya sempurna. Ini tidak benar,” ujar Lijun.

Apollo Go mengatakan, pihaknya berencana untuk memperluas layanan taksi swakemudi ke 65 kota pada 2025 dan 100 kota pada 2030 mendatang.(ilj/bbs)