oleh

Bahaya Kesehatan yang Mengintip Saat Anda Lembur Tiap Hari

Kabar6-Saat pekerjaan kantor belum juga selesai hingga menjelang sore, banyak orang yang menjalankan lembur, entah itu tetap di kantor atau membawa pekerjaan ke rumah.

Lembur memang hal biasa dalam dunia kerja, namun Anda disarankan agar jangan terlalu sering melakukannya. Ya, terlalu sering lembur akan berpengaruh pada kesehatan maupun psikologis. Melansir Beautynesia, berikut lima bahaya kesehatan yang akan terjadi apabila Anda terlalu sering lembur:

1. Pola makanan tidak teratur
Tak dipungkiri, lembur seringkali membuat Anda lupa waktu makan, karena terlalu fokus menyelesaikan pekerjaan. Nah, tentu jika jadi kebiasaan masalah kesehatan pada pencernaan akan siap mengintai seperti maag dan asam lambung naik.

Tak hanya itu, lembur juga kerap kali membuat lapar di malam hari. Solusinya tentu saja mengemil. Mungkin hal ini bisa menghilangkan rasa lapar, namun juga akan menyebabkan masalah seperti bertambahnya berat badan hingga obesitas. Agar tetap sehat, sediakan camilan yang sehat dan makan secara teratur.

2. Konsentrasi menurun
Lembur membuat orang sering merasa capek dan kurang tidur. Dengan begini, jika bekerja keesokan harinya akan membuat pekerja sulit berkonsentasi. Akibatnya, produktivitas juga menurun dan akan berdampak pada kurang teliti dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

3. Masalah kesehatan
Masalah kesehatan akan mengintai jika terlalu sering lembur. Menatap layar laptop terlalu lama yang akan berdampak pada kerusakan mata. Tak hanya itu, lembur juga rentan terserang penyakit lain seperti serangan jantung, tekanan darah tinggi, sakit punggung, dan lain-lain

4. Gampang emosi
Emosi orang yang sering lembur kerap tak stabil. Hal ini terjadi karena lembur membuat orang capek, lelah, dan kurang tidur. Dengan begitu, gampang terpancing emosinya dan sering uring-uringan.

Tentu, hal ini tidak baik karena emosi akan berpengaruh dalam pengambilan keputusan penting di perusahaan atau kantor, serta mengganggu rekan kerja yang lain.

5. Depresi dan stres
Beban pekerjaan yang menumpuk dan mengejar deadline yang mepet bisa membuat stres dan akan berujung pada depresi. Nah, wajar jika lembur membuat orang uring-uringan, dan sering gelisah.

Hal ini tentu akan berbahaya jika berlangsung dalam jangka lama. ** Baca juga: Mengapa Seduh Teh Sebaiknya Jangan Pakai Air Mendidih?

Selain menjaga pola makan dan rutin berolahraga, atur waktu lembur Anda, jangan terlalu sering begadang agar tubuh tetap sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru