oleh

Bagaimana Teh Hijau Bekerja Melangsingkan Tubuh?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Seperti diketahui, teh hijau banyak dikonsumsi mereka yang berniat mengurangi berat badan. Sebuah studi menemukan, minum teh hijau setiap hari selama tiga bulan bisa menyusutkan lebih banyak lemak tubuh ketimbang minum teh oolong.

Penelitian tersebut, dikutip dari Womenshealth, melibatkan 35 orang partisipan dengan berat yang sama berdasarkan indeks massa tubuh (IMT) dan ukuran pinggang.

Partisipan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama minum sebotol teh oolong yang difortifikasi ekstrak teh hijau, mengandung 690 mg katekin. Kelompok lain minum sebotol teh oolong yang mengandung 22 mg katekin.

Mereka makan menu sarapan dan makan malam yang sama serta diminta mengendalikan asupan kalori dan lemak, agar pola diet mereka sama.

Setelah tiga bulan, berat badan mereka yang minum ekstrak teh hijau berkurang (2,4 kg vs 1,3 kg), IMT, ukuran pinggang, dan lemak tubuh total mereka juga banyak berkurang. Selain itu, kolesterol jahat LDL juga turun.

Menurut peneliti, hasil itu menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam teh hijau, disebut katekin, bisa memacu penurunan berat badan dengan merangsang tubuh untuk membakar kalori dan mengurangi lemak tubuh. Agar hasilnya optimal, minum maksimal empat cangkir sehari.

Disebutkan Tomonori Nagao dari Health Care Products Research Laboratories di Tokyo, hasil ini menunjukkan bahwa katekin bisa mencegah dan memperbaiki beberapa penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup, terutama obesitas. ** Baca juga: Hindari Lakukan Kebiasaan yang Bikin Penampilan Kurang Maksimal

Nah, untuk Anda yang ingin mengurangi lemak di tubuh, jangan lupa konsumsi teh hijau ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru