oleh

Bagaimana Tanda Jika Tidur Anda Kurang Berkualitas?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mendapatkan waktu tidur yang cukup merupakan salah satu hal penting, salah satunya agar kondisi tubuh tetap prima dan terjaga. Tapi, bagaimana jika Anda kurang mendapat tidur yang cukup berkualitas? Dikutip dari Intisari, ini dia tandanya:

1. Mematikan beker berulangkali
Tidak ada yang mengharapkan kita untuk bergegas bangun dari tempat tidur setelah mematikan beker. Tapi, sudah semestinya kita merasa berenergi setelah mematikan beker itu.

“Berilah waktu satu jam untuk diri Anda setelah bangun. Jika masih mengantuk, mungkin tidur Anda bermasalah,” ujar Shelby Harris, PsyD, direktur Behavioral Sleep Medicine pada Sleep-Wake Disorders Center diĀ  Montefiore Health System.

2. Tidak fokus seperti biasanya
Pernahkah Anda melupakan sesuatu yang ingin dilakukan? Nah, kurang fokus bisa menandai kalau tidur kita kurang berkualitas. Hal itu karena tidur amat penting untuk ketajaman otak.

“Kualitas tidur yang buruk bisa menyebabkan turunnya kinerja kognitif pada otak,” ujar Harris.

3. Mudah marah
Suatu studi mengatakan, tidur yang tidak berkualitas bisa mempengaruhi suasana hati kita menjadi negatif. Bahkan, hal ini juga terkait dengan depresi. Nah, oleh karena itu penting bagi kita mengatasi masalah tidur untuk meningkatkan suasana hati.

4. Mau makan segalanya
Ketika kita berkeinginan untuk jajan dan memborong segala camilan, mungkin yang perlu disalahkan adalah kualitas tidur kita. Kalau makanan yang menyehatkan tentu sah-sah saja. Tapi, kalau makanan yang mengandung banyak lemak dan gula, tentu ceritanya akan lain.

Sayangnya, masih banyak orang yang lebih memilih makanan tinggi gula dan lemak ini sebagai camilan saat kelaparan. Nah, tidur yang tidak berkualitas yang jadi penyebabnya. Soalnya, kita tidak membuat suatu keputusan dengan baik ketika sedang mengantuk.

5. Malas berolahraga
Biasanya kita perlu mengumpulkan motivasi ketika ingin berolahraga. Tapi, tentunya motivasi itu akan berkurang kalau kita memiliki masalah tidur. Nah, kualitas tidur yang buruk inilah yang jadi biang keladi untuk melewati jadwal olahraga. ** Baca juga: Hmm…Satu dari Lima Orang Lacak Keberadaan Pasangan Via Aplikasi

Apakah Anda pernah mengalami satu dari kelima tanda seperti di atas?(ilj/bbs)

Berita Terbaru