oleh

Bagaimana Tanda Anda Kekurangan Vitamin?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, salah satunya adalah dengan mencukupi kebutuhan akan vitamin. Sumber vitamin bisa berasal dari makanan maupun suplemen obat.

Kekurangan vitamin tentu saja akan berbahaya bagi kesehatan. Nah, bagaimana mengenali tanda-tanda kekurangan vitamin sejak dini? Dikutip dari Harpers Bazaar, berikut uraiannya:

1. Anemia, kekeringan kulit & bibir pecah-pecah
Merupakan gejala kekurangan vitamin B2. Perbanyak asupan susu dan sayuran hijau seperti brokoli ataupun asparagus.

2. Mudah mengantuk serta nyeri tulang & otot
Merupakan kondisi umum avitaminosis terutama vitamin D. Konsumsi kuning telur, hati sapi, dan ikan tuna sangat baik sebagai sumber vitamin tersebut. Pastikan pula Anda memperoleh sinar matahari yang cukup, sekitar 20 sampai 25 menit per hari.

3. Lemas berkepanjangan & depresi serta diare ataupun konstipasi
Defisiensi vitamin B12 bisa berakibat buruk pada pencernaan dan perkembangan otak secara jangka panjang. Makanan seperti daging ayam serta hidangan laut seperti salmon dan kepiting bisa memecahkan masalah tersebut. Jika Anda seorang vegetarian, manfaatkan suplemen tambahan yang mengandung vitamin ini.

4. Rambut rusak & kuku yang sangat rapuh
Jika Anda kerap mengalami kedua problema di atas, bisa jadi salah satunya adalah karena kurangnya vitamin A yang masuk ke dalam tubuh. Atasi dengan banyak makan sayuran dan buah-buahan yang berwarna kuning atau oranye (pepaya, wortel, labu, mangga, dan sebagainya).

5. Mimisan ataupun pendarahan menstruasi yang hebat
Meski kasusnya jarang terjadi, bukan mustahil kekurangan vitamin K terjadi pada Anda. Untuk mencegahnya, konsumsi sayuran seperti bayam, sawi, dan kubis. ** Baca juga: Kondisi Mulut Bisa Cerminkan Penyakit

Jangan sampai kekurangan vitamin merugikan kesehatan Anda ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru