oleh

Bagaimana Seharusnya Porsi Sarapan Anda?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Pentingnya sarapan sebelum memulai aktivitas terkadang membuat orang lalai memperhatikan porsi makanan yang dikonsumsi. Sebenarnya berapa banyak sih porsi sarapan yang dianjurkan?

Lindsey Pine, seorang ahli gizi dan pemilik Tasty Balance Nutrition, dikutip dari Wolipop, mengatakan bahwa tidak ada porsi mutlak untuk sarapan. Meskipun demikian, porsi sarapan sebaiknya disesuaikan dengan beberapa faktor. Berikut uraiannya:

1. Aktivitas tubuh
Porsi kecil sarapan sehat terdiri dari 250-300 kalori. Porsi tersebut, menurut Lindsey, ideal bagi mereka yang biasanya mengonsumsi 2.000 kalori per hari. Nah, untuk wanita berbadan mungil dengan jadwal olahraga rutin tiga kali sepekan dan makan 1.600 kalori per hari, dianjurkan sarapan yang terdiri dari 300-400 kalori.

Sementara wanita yang berolahraga hampir setiap hari dan mengonsumsi 2.100 kalori per hari sebaiknya memilih sarapan 500-600 kalori.

2. Kondisi perut
Jika Anda bangun dengan kondisi perut yang kembung, sebaiknya jangan paksakan diri untuk sarapan dengan porsi besar. Lindsey menyarankan untuk sarapan secukupnya atau tunggu hingga Anda benar-benar lapar.

“Saya berangkat kerja, lalu minum teh hijau pada pukul 07.30, lalu baru sarapan pada pukul 09.00. Ada jadwal tertentu? Tidak ada. Saya selalu mendengarkan tubuh saya dan itulah jadwal yang pas buat saya,” terang Lindsey.

3. Makan siang & malam
Porsi sarapan dapat disesuaikan pula dengan apa yang Anda akan makan pada saat siang dan malam hari. Jika Anda berencana makan siang dan malam dalam porsi besar, maka sarapan dalam porsi kecil.

4. Sarapan porsi besar
Tidak ada salahnya jika memang perut Anda mampu menampung sarapan dalam porsi besar. Menurut Patricia Bannan, ahli gizi sekaligus penulis buku ‘Eat Right When the Time Is Tight’, sarapan dalam porsi besar dapat mengurangi nafsu makan di malam hari dan mencukupi kebutuhan energi bagi mereka yang aktif.

“Seorang remaja lelaki yang senang berolahraga membutuhkan sarapan porsi besar agar kebutuhan energi dan nutrisinya tercukupi, dibanding wanita usia senja,” katanya.

5. Bahan bernutrisi
Hal yang terpenting adalah menu sarapan harus terbuat dari bahan-bahan yang bergizi, untuk memenuhi kebutuhan energi sebelum jam makan siang. Menu sarapan yang dianjurkan antara lain plain Greek yogurt dengan mixed berries dan taburan kacang almond, lalu smoothies dengan dedaunan dan chia seeds.

Beberapa butir telur rebus dan semangkuk buah-buahan juga bisa diandalkan. ** Baca juga: Dengarkan Lagu Sedih Saat Galau Justru Bikin Bahagia?

Porsi sarapan dapat bergantung pada tingkat kelaparan seseorang, aktivitas serta durasi kegiatan sehari. “Itulah yang sebaiknya dipertimbangkan untuk menentukan porsi makanan,” demikian garis besar yang diberikan oleh Lindsey.(ilj/bbs)

Berita Terbaru