oleh

Bagaimana Sebaiknya Mengonsumsi Buah-buahan?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Selain mengandung nutrisi dan serat, mengonsumsi buah-buahan dianjurkan untuk melindungi tubuh dan kesehatan. Apakah Anda termasuk orang yan rutin mengonsumsi buah-buahan?

Dilansir Times of India, meskipun tidak ada cara yang benar atau salah ketika mengkonsumsi buah-buahan, Anda akan lebih mendapatkan manfaat maksimal ketika mengonsumsi buah dengan tepat. Bagaimana sebaiknya mengonsumsi buah-buahan?

1. Pagi hari
Konsumsi satu buah sebelum memulai aktivitas akan membantu menyerap nutrisi dalam tubuh. Tubuh dapat dengan mudah mencerna buah yang dikonsumsi dalm kondisi perut kosong.

2. Kondisi tubuh
Orang dengan sakit maag atau fungsi perut yang lemah seperti balita dan orang tua, tidak harus mengkonsumsi buah-buahan dalam kondisi perut kosong. Buah-buahan seperti jeruk, nanas, cranberry, anggur, dan yang sejenis mengandung asam asetat. Kondisi ini akan meningkatkan produksi asam lambung dan dapat memperburuk kondisi.

3. Hindari usai makan berat
Mengkonsumsi buah tepat setelah makan tidak disarankan. Buah yang dikonsumsi tepat setelah makan tidak akan membantu mencerna makanan dan memecah kalori. Hal yang harus Anda ketahui, buah mengandung kalori dan pemanis alami.

4. Memilih buah-buahan
Buah-buahan terbaik untuk orang dengan kadar gula tinggi yang disarankan antara lain pepaya, markisa, nanas, plum, raspberry, pear, stroberi, persik dan apel. ** Baca juga: Saat Lapar Hindari Makanan & Minuman Ini

5. Sebelum tidur malam
Jika Anda merasa lapar menjelang tidur, pilih jenis buah seperti apel, pisang, kiwi dan ceri. Buah-buahan tersebut mengandung seretonin alami, melatonin dan triptofan yang menenangkan dan membantu tidur nyenyak. Hindari mangga atau anggur yang akan membuat otak aktif, sehingga mengganggu tidur Anda.

Pilihan buah yang tepat akan membuat manfaat maksimal untuk tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru