oleh

Bagaimana Orgasme pada Pria Terjadi?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Saat mengalami orgasme, ada beberapa bagian tubuh pria yang mengalami perubahan. Dijelaskan, pria mencapai orgasme melalui serangkaian proses yang melibatkan kerjasama sejumlah organ, hormon, pembuluh darah, dan saraf.

Hasil akhir dari kerjasama tersebut, dikutip dari Sehat Fresh, adalah ejakulasi sperma melalui kontraksi otot yang kuat. Meskipun tampak sederhana, orgasme pria sebenarnya adalah sebuah proses yang kompleks. Bagaimana orgasme pria itu terjadi ?

1. Gairah
Pria mempersepsikan sesuatu atau seseorang untuk mendorong minat seksualnya. Persepsi tersebut mendorong otak untuk mengirim sinyal ke sumsum tulang belakang ke organ seks sehingga menyebabkan ereksi.

Mr P menjadi ereksi ketika darah mengisi jaringan Mr P di dalam. Skrotum akan menarik ke arah tubuh, dan otot-otot seluruh tubuh mengalami peningkatan ketegangan.

2. Plateau
Tubuh pria bersiap untuk orgasme dalam fase ini, yang dapat berlangsung dari 30 detik sampai dua menit. Ketegangan otot tubuh akan semakin meningkat terutama pada panggul.

Detak jantung juga mengalami peningkatan antara 150 dan 175 denyut per menit. Cairan bening mungkin mulai mengalir dari uretra. Cairan pra-ejakulasi ini dimaksudkan untuk mengubah keseimbangan pH uretra untuk meningkatkan peluang sperma bertahan hidup.

3. Orgasme
Orgasme itu sendiri terjadi dalam dua tahap, yaitu emisi dan ejakulasi. Pada tahap emisi, pria mencapai ejakulasi yang tak terhindarkan (point of no return). Semen disimpan di dekat bagian atas uretra agar siap dikeluarkan saat ejakulasi.

Ejakulasi terjadi dalam serangkaian kontraksi yang cepat dari otot Mr P dan area sekitar pangkal anus. Saat orgasme, saraf yang menyebabkan kontraksi otot akan mengirim pesan kesenangan pada otak manusia.

4. Resolusi & refraksi
Setelah ejakulasi, Mr P mulai kehilangan ereksi. Ketegangan otot memudar, dan membuat pria mungkin merasa santai atau mengantuk. Pria biasanya harus menjalani periode refrakter, atau fase pemulihan, di mana mereka tidak dapat mencapai ereksi lain. Hal ini biasanya berlangsung selama sekitar setengah jam setelah ejakulasi. ** Baca juga: Bagian Sensitif Tubuh Pria yang Wajib Disentuh Saat Bercinta

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru